Materi 2 Kelas XII IPS ( menegakkan proklamasi kemerdekaan )

Posted: August 8, 2012 in Materi Sejarah

PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEDAULATAN NEGARA

1. Tanggal  19 September 1945, Inggris  mewakili Sekutu datang ke Indonesia  bertugas untuk  :

    > Melucuti senjata tentara Jepang

   > Mengambil alih tawanan  perang

Ternyata  Inggris membonceng  Belanda  dengan  baju baru yaitu NICA,  yang menyebabkan  berbagai pertemputan diberbagai darah di Indonesia. Berbagai pertempuran tersebut kemudian diabadikan  dalam berbagai bentuk dan cara untuk dapat  diwarisi – mewariskan nilai kejuangan dan semangat mereka.  Peristiwa tersebut diantaranya  :

Pertempuran disekitar Jakarta, Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Surabaya, Bandung Lautan api Medan Area, Puputan Margarana, Peristiwa Merah Putih di Manado, dan pertempuran di daerah lainnya.

Pertempuran diberbagai daerah tersebut diakhiri dengan perjanjian Linggarjati yang disyahkan tgl 25 Maret 1947.  yang ternyata hanya digunakan sebagai kesempatan oleh Belanda memperkuat diri, ini terbukti ,   kemudian menyerang lagi dengan Agresi meliter I, 21 Juli 1947.  Selanjutnya dilaksanakan perjanjian Renville 17 Januari 1948.

Renville  membawa pengaruh yang luas bagi bangsa Indonesia, karena isinya  sangat merugikan , disamping menimbulkan berbagai peristiwa politik lainnya.  Seperti

> Belanda terus membentuk negara boneka

> Hijrahnya divisi Siliwangi dari Jawabarat ke Jogjakarta

> Ibukota  RI dipindahkan ke Jogjakarta

> Jatuhnya  kabinet Amir Syarifuddin

> Terjadinya pembrontakan PKI di Madiun.

Pemerintah dan rakyat Indonesia sedang sibuk membenahi diri, Belanda menyerang dengan Agresi Meliter yg kedua dan langsung menduduki Jogjakarta.

Perjanjian berikutnya adalah  Roem-Royen, kemudian dilanjutkan dengan KMB. Pada saat itu  Indonesia hanya terdiri dari beberapa daerah saja yang sangat sempit, sementara daerah lainnya telah dibentuk negara-negara bagian yang kecil  dan disatukan dalam bentuk  BFO.

Dengan KMB, Belanda memberikan kedaulatan Indonesia, sehingga  sengketa Indonesia – Belanda untuk sementara waktu dianggap selesai, sementara Irian barat  akan dibicarakan dikemudian hari.

Mau yang powerpoint ?  klik disini  satu  dan dua  !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s