Tirtayatra ” Rohin ” SMA Negeri 71 Jakarta

Posted: October 29, 2012 in Serba-Serbi

Akhirnya kelompok Kerohanian Hindu ( Rohin ) SMA Negeri 71 Jakarta dapat melaksanakan program yang tertunda yaitu ” Tirtayatra ” Mengunjungi tempat -tempat suci dalam agama Hindu. Untuk tahun 2012, walaupun terlambat dari jadwal semula, Rohin SMA 71 Jakarta  melaksanakan Tirtayatra ke PuraJagatkartha  Gunung salak Bogor pada  hairi Jumat, 26 Oktober 2012. Untuk kali ini hanya mengunjungi satu tempat, bahkan hanya satu hari dengan berbagai pertimbangan.

Setelah mengadakan persiapan  berkaitan berbagai keperluan, kami berangkat pada pukul  08. 15  dan sampai ditujuan  pukul  sekitar pukul  11. 15.

Menurut informasi, untuk mencapai Pura Jagatkartha, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika memilih opsi kedua, maka tempat pertama yang harus didatangi adalah Stasiun Bogor. Dari sini Anda bisa menggunakan angkot ke Ramayana atau Bogor Trade Center. Kemudian, lanjut menggunakan angkot jurusan Ciapus dan berhenti tepat di gang depan Pura Jagatkartha.Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 800 meter. Jangan kuatir, jalan menuju pura ini sangat mulus. Dijamin, rasa lelah tak akan terasa ketika berjalan di antara rimbunnya pepohonan dan sejuknya hawa pegunungan.Tetapi kami  menggunakan opsi pertama dengan membawa kendaraan sendiri.

Pura Parahyangan Agung Jagatkartha di kaki Gunung Salak, Kabupaten Bogor, disebut-sebut menjadi yang terbesar kedua setelah Pura Besakih di Bali. Pura cantik berlanskap hijau ini cocok disambangi akhir pekan .

Ada getar spiritual yang terpancar dari kaki Kampung Warung Loak, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor. Di penghujung tahun 2005, dua tempat suci untuk dua agama telah resmi berdiri di sini. Umat Buddha punya Maha Vihara Saddharma, sementara umat Hindu punya Pura Parahyangan Agung Jagatkartha

Setelah mengadakan persembahyangan dengan khidmad yang ternyata juga diikuti banyak rombongan lain yang tangkil, kami beristirahat sebentar sambil makan siang di  nista mandala. karena  masih agak siang, ada usulan kita mampir ke  Curug Nangka  yang tidak jauh dari pura. Dengan udara yang cukup  sejuk sepertinya peserta cukup menikmatinya.

Curug Nagka merupakan salah satu obyek wisata alam dalam bentuk  air terjun.

Inilah diantara momen yang dapat penulis abadikan !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s