Kegiatan Bimbingan Tehnis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB )

Posted: April 25, 2014 in Serba-Serbi

KEGIATAN BIMBINGAN TEHNIS KOORDINATOR
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN ( PKB )
DINAS PENBDIDIKAN PROPINSI DKI JAKARTA
TAHUN 2014
Wisma Bahtera, Cipayung Bogor, Senin-Rabu, 21 – 23 April 2014

Kegiatan Bintek diiukti oleh Guru-guru yang ditugaskan oleh kasek pada tingkat SMA, SMA dan SMK sebanyak 70 orang yang terdiri dari :
Guru SMP = 40 orang
Guru SMA = 17 orang
Guru SMK = 13 orang

Nara Sumber dan fasilitator ( tim penilai tingkat propinsi )
1.Drs. Suyitino, M.Pd. Korwas Jaktim SMA
2.Drs. Kuat Waluyo Pengawas SMP
3.Drs. Supardi
4.Dr. Tri Hartini, M.Pd. Pengawas SMK
5.Drs. Salamet Memet, M.Pd
6. Dra. Tuti Alibrata

Sebagian dari peserta Bintek

Sebagian dari peserta Bintek

ini salah satunya

ini salah satunya

Dr. Sopan W  didampingi oleh Kasi Tendik yang baru

Dr. Sopan W didampingi oleh Kasi Tendik yang baru

DSCN0127

Salah Seorang narasumber.

Salah Seorang narasumber.

DSCN0200

DSCN0201

DSCN0202

DSCN0226

ini hanya in action, jangan ngiri

ini hanya in action, jangan ngiri

narasumber selundupan, dia muncul kalau pesetanya hilang

narasumber selundupan, dia muncul kalau pesetanya hilang

Peserta hilang , narasumber muncul

Peserta hilang , narasumber muncul

DSCN0230

DSCN0231

DSCN0232

DSCN0233

DSCN0234

DSCN0235

DSCN0236

DSCN0237

DSCN0238

DSCN0239

DSCN0240

DSCN0241

DSCN0242

Banyak materi Bimpingan yang disampaikan para narasumber sebagai bekal untuk dapat dilaksanakan di sekolah masing-masing. Disamping penyampaian materi juga diikuti dengan simulasi penghitungan angka keredit sampai dengan menyusunan PAK.

Diantara materi yang dipaparkan adalah :

SYARAT-SYARAT USULAN PENETAPAN ANGKA KREDITJABATAN FUNGSIONAL GURU
TAHAP I PENILAIAN TH 2014 DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
( Golongan III/a ke III/b s.d. IV/a ke IV/b )
1.Surat Pengantar dari atasan langsung, ditujukan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Up. Kepala Bidang Tendik Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Jl. HR. Rasuna Said Kav.C 22 Kuningan Jakarta Selatan. 1 lembar
2. Foto Copy Karpeg lama, 2 lembar
3. Foto Copy PAK Terakhir, 2 lembar
4. Foto Copy SK Pangkat Terakhir, 2 lembar
5. Foto Copy SK Mutasi/SK Kepsek (jika terjadi mutasi setelah SK pangkat terakhir), 2 lembar
6.Foto Copy PPJG ( jika guru pertama naik pangkat atau alih status ke guru), 2 lembar
7. Foto Copy SK CPNS ( jika guru pertama naik pangkat atau alih status ke guru ), 2 lembar
8. Foto Copy Ijazah/Akta/Transkrip nilai Terakhir, 2 lembar
9.Foto Copy DP3 tahun 2012 dan DP3 tahun 2013, 2 lembar
10.DUPAK LAMA sesuai Kepmenpan 84/1993 masa penilaian dari PAK terakhir sampai dengan 30 Juni 2011 yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah. 1 rangkap
11.Lampiran VII (SK Pembagian Tugas Guru dalam PBM dari Kepsek). dibuat setiap tahun pelajaran. 1 lembar
12.Lampiran I (SK Pembagian Tugas dari Kepala Sekolah), dibuat setiap tahun pelajaran. 1 lembar
13.Lampiran II (Daftar Pembagian Tugas Guru), dibuat setiap tahun pelajaran. 1 lembar.
14.Lampiran V (Surat Pernyataan Telah Melaksanakan Tugas dari Kepsek), dibuat setiap tahun pelajaran. 1 lembar
15.Foto Copy Sertifikat Penataran / Penghargaan yang didapat setelah SK terakhir. 1 lembar
16.DUPAK BARU sesuai PermenpanRb 16/2009 masa penilaian 01 Juli 2011 s.d. 30 Juni 2014 yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. 1 rangkap
17.Lampiran 1C (Rekap Penilain Kinerja Guru Kelas/Mapel) per tahun, minimal 2 tahun
18.Lampiran 1D (Format Perhitungan Angka Kredit PK Guru Kelas/Mata Pelajaran) per tahun, minimal 2 Tahun. 1 lembar
19.Lampiran 2C (Rekap Hasil Penilaian Kinerja Guru BK) per tahun, minimal 2 tahun
20.Lampiran 2D (Format Perhitungan Angka Kredit PK Guru BK) per tahun, minimal 2 tahun
21.Lampiran II (Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas Pembelajaran/Bimbingan dan tugas tertentu). 1 lembar Melampirkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan kewajiban Angka Kredit :
III/a ke III/b PD dengan AK = 3 + PI/KI = 0
III/b ke III/c PD dengan AK = 3 + PI/KI dengan AK = 4
( Publikasi Ilmiah bebas jenis PI/KI)
III/c ke III/d PD dengan AK = 3 + PI/KI dengan AK = 6
( Publikasi Ilmiah bebas jenis PI/KI)
III/d ke IV/a PD dengan AK = 4 + PI/KI dengan AK = 8
( Publikasi Ilmiah jenis PI/KI minimal terdapat 1 Laporan Hasil Penelitian / PTK)
IV/a ke IV/b PD dengan AK = 4 + PI/KI dengan AK = 12
(Publikasi Ilmiah jenis PI/KI minimal terdapat 1 Laporan Hasil Penelitian / PTK dan 1 Jurnal ber-ISSN)
PD (Pengembangan Diri), PI (Publikasi Ilmiah), KI (Karya Inovatif), AK (Angka Kredit) PI / KI Guru disahkan oleh Kepala Sekolah dan disertakan Surat Keterangan dari Perpustakaan Sekolah bahwa arsip dari PI / KI tersebut telah disimpan diperpustakaan Sekolahnya. PI / KI Kepsek disahkan oleh atasan langsung dan disertakan Surat Keterangan dari Perpustakaan Sekolah bahwa arsip dari PI / KI tersebut telah disimpan diperpustakaan Sekolahnya. PTK / PTS wajib diseminarkan minimal 1 PTK/PTS.
22.Lampiran III (Surat Pernyataan melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan / PKB). 1 lembar
23.Lampiran IV (Surat Pernyataan melakukan kegiatan Penunjang tugas guru). 1 lembar
24.Laporan Pengembangan Diri (PD) dengan Sistematika :
Lembar Sampul, Lembar Identitas, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Pendahuluan ( Latar Belakang, Tujuan Umum), Pengembangan Diri (Waktu pelaksanaan, Jenis Kegiatan, Tujuan PD, Uraian Materi PD, Tindak Lanjut, Dampak PD), Penutup, Lampiran-lampiran (Rekap Kegiatan PD, Foto Copy Sertifikat, Surat Tugas dari Kepala Sekolah atau Surat Persetujuan dari Kepala Sekolah). 1 bendel ( dijilid)

Sertifikat sesuai bidang tugas yang diperoleh sebelum 01 Juli 2011, hanya melampirkan sertifikat.
Sertifikan sesuai bidang tugas yang diperoleh setelah 01 Juli 2011, harus dibuat Laporan PD sesuai dengan sistematika yang telah ditentukan pada point 24.
25.Bukti fisik lain sesuai dengan bidang tugas. 1 lembar

CATATAN :
A.Semua Foto Copy dilegalisasi atasan langsung, kecuali Ijazah yang diusulkan baru, harus dilegalisasi oleh Perguruan Tinggi asal (Universitas);
B.Legalisasi Ijazah yang baru diusulkan Angka Kreditnya dilegalisasi oleh Rektor atau Dekan jika dari Universitas
dan dilegalisir Ketua atau Pembantu Ketua I (Puket I) jika dari STKIP;
C.Bagi guru yang hanya memiliki Ijazah SPG, D.II atau D.III (Sarmud) belum bisa diusulkan ke golongan IV/a, maksimal golongan III/d;
D. Ijazah baru yang didapat dari luar JABODETABEK tidak dapat digunakan kecuali tugas belajar dari Pemerintah Prov. DKI Jakarta dengan melampirkan Izin belajar;
E.Semua berkas disusun berurutan dari point 1 s.d. 23 dan dimasukkan ke dalam 1 (satu) Map Snelhekter berwarna : Merah untuk Jakpus, Coklat untuk Jakut dan Kep. Seribu, Kuning untuk Jakbar, Hijau untuk Jaksel, dan Biru untuk Jaktim;
F.Penerimaan Berkas Usulan PAK dan Kkenaikan Pangkat pada Bidang TENDIK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Gedung Nyi Ageng Serang lantai III, Jl. HR. Rasuna Said Kav.C 22 Kuningan Jakarta Selatan.
(Waktu penerimaan menunggu Edaran, sebagai ancer-ancer kira-kira bulan Juni 2014).

Acara Pembukaan
Rencana dibuka oleh Ka Dinas, tapi batal karena dipanggil oleh Gubernur. Pembukaan dilakukan oleh Dr. Sopan W, mantan Kasi Tendik. Sekarang Standarisasi Dikti. Didampingi oleh Ibu Rahayu Asih Subekti, Kasi Tendik yang baru serta ibu Rita Marina. Kasi Bangrirprof bidang Tendik

Dr. Sopan W, dalam arahannya menyampaikan beberapa hal, diantaranya
1.Berkaitan dengan tugas pokok koordinator PKB, yang nantinya menjadi ujung tombak peningkatan mutu sekolah dan peningkatan kompetensi semua guru.
2.Rencananya Kadis akan membekali peserta Bintek dengan surat khusus agar segera membentuk tim PKB dengan coordinator adalah peserta Bintek saat ini.
3.PKB-PKG segera disosialisasikan kepada semua guru yang difasilitasi olek kasek.
4.Di Tingkat Propinsi ( Dinas ) sudah terbentuk Tim Penilai dan juga tim Publikasi Ilmiah yang akan membantu guru.
5.Koordinator PKB beserta kepala Sekolah member motivasi semua guru dan membantu agar guru bisa naik golongan tanpa dimotivasi oleh besaran berubahan gaji, tetapi peningkatan kompetensi dan wawasan sebagai guru yang disertifikasi / professional.
6.Sosialisasikan syarat-syarat dan mekanisme serta alur kenaikan pangkat tersebut.

Sebelumnya Rahayu Asih Subekti, Kasi Tendik yang baru juga menyampaikan beberapa hal yang sama termasuk berharap agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di DKI Jakarta.

Materi lain yang sifatkan kebijakan Dinas disampaikan oleh :

Ir Rita Marina
Kasi Pengembangan Karir dan Profesi Dinas Pend. DKI Jakarta
(Kasi Bangrirprof bidang tendik ( yang akan menerima berkas penilaian kenaikan pangkat. )

Percepatan Peningkatan Mutu Guru di DKI Jakarta

Beberapa masalah guru :
> kompetensi pedagogik dan profesional guru DKI rata rata 46,03 ( UKG 2012 )
> golongan IV/a sampai April 2013 sebanyak 65.5 %. Yang mengusulkan kenaikan pangkat 2013 sebanyak 2,3 %
> penguasaan TIK masih rendah.( pd saat tes online )
> jumlah guru di DKI Jakarta cukup tinggi.

Target program
> meningkatkan rata rata kompetensi pedagogik dan profesional dari 46,03 – menjadi 60.
> meningkatanya guru naik pangkat setiap tahun 2,3% menjadi 16 %
> kbm menanfaatk TIK
> meningkatkan kompetensi guru 53 % guru melalui MGMP.

Langkah strategis
Penentuan standat kompetensi
Akan ada UKG secara berkala ( setiap tahun mulai tahun 2015 )

Hasil pemetaan kompetensi guru berdasarkan nilai UKG akan ada pertemuan khusus dengan kepala dinas.
Guru yang hasil UKG nya masih rendah perlu mendapatkan pendampingan dalam rangka meningkatkan kompetensinya.

Data MGMP di Dinas
SMP 12 mp
SMA 16 mp
SMK 19 mp

Jumlah mgmp 329 terdiri dari
Propinsi. 47 MGMP
Kab/kota 282 MGMP

MGMP menjadi tempat pelaksanaan peningkatan kompetensi 49.587 guru. Sehingga 1 MGMP untuk 150 orang. Akan disiapkan juknis dari propinsi.

Struktur program guru di MGMP
Peningkatan komptensi guru
a. Peningkatan komp. Pedagogik
b. Peningkatan komp. Profeional
c. Peningkatan penguasaan TIK

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

a. Pengembangan diri
b. Publikasi ilmiah
c. Karya inovatif.

Jadwal pelaksanaan UKG
Sedang dibahas edarannya bahwa sebahagian dari TKD untuk pengembangan diri seperti pembelian buku, ikut kegiatan iht, ws, seminar termasuk MGMP. Ada bukti kwitansi setiap tahun sekitar 4 jutaan.
UKG akan dilaksanakan pada bulan Maret 2015 secara rutin oleh dinas.

Sumber Dana
DINAS
Bintek Instruktur / Pendamping
Pelaksanaan UKG

SUDIN
Instruktur / pendamping
Sertifikat

DANA MANDIRI ( Pergub 38 2011 tentang TKD )
Alat / bahan ajar
Operasional Individu Guru.

SK MGMP akan diseragamkan , prop oleh ka dinas, kodya ole kasudin, demikian juga sertifikat
PKB . PKG adalah jantungnya seakolah.

Hari terakhir setelah Simulasi, ditutup oleh ketua panitia Ir Rita Marina
Kasi Pengembangan Karir dan Profesi Dinas Pend. DKI Jakarta
Dengan mengucapkan terima kasih, berharap materi yang didapat segera dapat disosialiasikan di sekolah dan dilaksanakan dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s