Kunjungan ke Pasraman

Posted: April 25, 2014 in Serba-Serbi

Sebagai penanggung jawab / pengampu mata kuliah PPL tahun 2013 – 2014 di STAH Dharma Nusantara Jakarta, sesuai dengan Pedoman Kegiatanm PPL yang berlaku, kami mengadakan kunjungan ke beberapa Pasraman tempat mahasiswa STAH DNJ yang PPL. Walaupun dengan perhitungan waktu yang atersedia, mungkin tidak semua pasraman dapat dikunjungi.
Pada tahu 2013 – 2014, sampai dengan Bulan April 2014 baru berkesempatan berkunjung ke beberapa Pasraman di sekitar jakarta.
1. Minggu, 6 April 2014 ke Pasraman Cijantung. di Pasraman ini ada 7 orang mahasiswa semester 6, baik dari kelas Ekskutif maupun Reguler yang PPL. Kebetulan sekali saat kunjungan tidak ada kegiatan pembelajaran, tetapi praktik membuat beberapa kelengkapan sesajen mendukung menjelang Upacara piodalan. dalam pengamatan kami siswa baik laki-laki mapun perempuan berpraktek membuat “porosan” dibantu oleh beberapa mahasiswa yang praktek.Mewakili lembaga STAH DNJ, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ketut Murti S.Ag. Ketua Pasraman yang menyambut kami
dan memberikan beberapa informasi.
DSCN0086

DSCN0087

DSCN0088

DSCN0089

DSCN0090

DSCN0091

DSCN0092

DSCN0093

DSCN0094

DSCN0095

DSCN0096

2. Minggu, 13 April 2014
Kunjungan ke pasraman Tirta Bhuana Bekasi bersama Putu Sudharma. Diterima oleh kepada pasraman ibu Dra. Ratna. Wandarti, M.MPd.
Pada saat pertemuan tersebut, ka pasraman menyampaikan baahwa saat ini ada 5 orang mahasiswa yang sedang ppl di pasraman ini, kemudian baru menyusul 2 orang .
Dari 5 orang yang sudah melapor, baru 1 orang yang sdh mulai mengajar, sementara 4 lainnya baru memulai saat ini. Yang baru datang mungkin baru minggu depan mulai mengajar.
Sebelum itu, sempat ngobrol dengan wakil ketua Pa Made ( wakil ketua ) menyampaikan bahwa para mahasiswa x:-) belum memiliki persiapan yang memadai untuk mengajar. Sebaiknya mahasiswa yang ppl menyusun rpp dilengkapi dengan media yan memadai. Sebagai masukan bahwa mahasiswa perlu dibekali ketrampilan pembuatan rpp dan media pembelajarannya. Ketika ppl’ kalau bisa mahasiswa dimonitor di kelas, sekaligus mengontrol kelengkapan pembelajarannya. Sama dengan diatas, atas nama STAH DNJ mengucapkan terima kasih atas segara bantuan dan perhatian semua bagian , baik guru maupun manajemen yang bersedia menerima mahasiswa untuk belajar mengajar di pasraman ini.

3. Kunjungan ke pasraman Taman Sari Halim.Minggu-, 23 April 2014

Bertemu dengan ketua pasraman : Drs. Suwarno, yang memberikan penjelasan bahwa siswa tidak banyak karena berada dalam lingkungan yang terbatas ( komplek AURI ) , paling antara 7 sampai 10 orang setiap kelasnya.
Ada 4 orang mahasiswa yang PPL di Pasraman ini, salah satunya adalah Ibu Ni Nyoman Budiasri yang memang sudah guru tetap di pasraman ini.
Karena fasilitas yang belum memadai, tidak semua, siswa belajar di ruang kelas, ada yang belajar di teras kelas atau teras kantor tanpa mengurangi semangat untuk belajar. Demikian juga gurunya tetap mampu memberikan ilmu yang sesuai kurikulum. Yang mengajar dalam ruang kelaspun, juga terpaksa dua kelas disatukan dalam satu ruang dengan pembatas. Mereka belajar dengan semangat .
Sama dengan diatas, atas nama STAH DNJ mengucapkan terima kasih atas segara bantuan dan perhatian semua bagian , baik guru maupun manajemen yang bersedia menerima mahasiswa untuk belajar mengajar di pasraman ini.

Sementara demikian info yang dapat disampaikan, agar menjadi catatan untyk kita semua.DSCN0098

DSCN0100

DSCN0101

DSCN0102

DSCN0103

DSCN0104

DSCN0105

DSCN0106

DSCN0107

DSCN0108

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s