Bank Soal 3

Posted: February 2, 2016 in kumpulan soal

26. UJIAN SEKOLAH

01. Apakah suatu peristiwa masa lampau itu termasuk kurun zaman sejarah atau zaman pra sejarah, kita tentukan berdasarkan ….
A. waktu terjadinya
B. hasil kebudayaanya
C. pelaku peristiwanya
D. besar kecil peristiwanya
E. ada atau tidaknya peninggalan tertulis

02. Perhatikan teks berikut ini :
Ketika memasuki Museum Nasional di Jakarta, kita seolah-olah memasuki masa lampau. Kita merasakan suasana yang berlainan dengan suasana sekarang. Penjelasan pemandu memperkuat suasana masa lalu tersebut. Kita rasakan keindahan dan kejayaan masa lalu karena yang ditampilkan di museum adalah hasil kebudayaan kuno Indonesia. Teks tersebut menunjukkan salah satu kegunaan dari sejarah, yaitu berfungsi sebagai ….
A. Edukatif
B. Inspiratif
C. Instruktif
D. Rekreatif
E. Imajinatif

03. Diantara cara yang biasa digunakan oleh masyarakat praaksara dalam mewariskan tradisi masa lalunya adalah melalui legenda yaitu …..
A. Tugu penanda kejadian penting
B. Upacara memperingati peristiwa penting tertentu
C. Suatu nyanyian memiliki lirik lagu berupa wejangan-wejangan
D. Pertunjukan yang tema ceritanya berupa asal-usul masyarakat tertentu
E. Cerita tentang asal-usul terjadinya sesuatu seperti; tempat, nama, tokoh dll
04. Perhatikan ciri kehidupan manusia pada zaman praaksara berikut ;
1. Menetap
2. food gathering
3. percaya dewa-dewa
4. menggunakan alat dari batu yang masih kasar
Ciri kehidupan masyarakat praaksara pada zaman Paleolithikum adalah ….

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

05. Von Koenigswald ( 1941 ) menyatakan bahwa manusia purba jenis Homo Soloensis lebih tinggi tingkatanya jika dibandingkan dengan jenis Pithecantropus Erectus, dasar untuk menentukanya adalah ….
A. Jenis Ras
B. Usia fosil
C. bentuk fisik
D. volume otak
E. hasil kebudayaan

06. Perhatikan beberapa keahlian berikut ;
1. Astronomi
2. Perundagian
3. teknik perkapalan
4. arsitektur
Kedatangan nenek moyang ke- Nusantara pada sekitar 3.000 SM, menunjukan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia memiliki keahlian dalam bidang ….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

07. Jika dibandingkan dengan peradaban lain nya yang pernah tumbuh di Mesopotamia, raja-raja di Sumeria memiliki kekuasaan yang sangat besar karena ….
A. Dianggap sebagai dewa
B. Menerapkan sistim militeristis
C. Raja merupakan pemilik tanah di Sumeria
D. Memiliki wilayah kerajaan yang sangat luas
E. Selain sebagai raja juga sebagai kepala keagamaan

08. Perhatikan hasil-hasil peradaban kuno berikut ;
1. Spink
2. Mummi
3. Collosium
4. Hieroglyph
5. Ampiteater
6. the great wall
Dari data diatas manakah yang merupakan hasil peninggalan peradaban kuno Mesir;
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 2,3 dan 4
D. 2,3 dan 5
E. 3,4 dan 5

09. Pesta olah raga berkala emat tahunan antar polis di bukit Olympus “ Olympiade “, merupakan kegiatan penting bagi bangsa Yunani kuno dalam rangka ….
A. hiburan rakyat
B. menghormati dewa Zeus
C. hubungan dagang antar polis
D. memupuk persatuan dan kesatuan
E. saluran bakat dan prestasi olah raga

10. Menurut teori F.D.K Bosch, masuknya budaya dan agama Hindu ke Indonesia melalui ….
A. hubungan perdagangan
B. kaum Brahmana yang sengaja di undang
C. tawanan perang yang dibuang ke Nusantara
D. para raja yang menyingkir ke Indonesia karena kalah perang
E. orang-orang Nusantara yang sengaja datang ke India untuk belajar agama Hindu

11. Bukti yang menunjukan bahwa kerajaan Kutai telah makmur adalah ….
A. luas wilayahnya
B. istana kerajaanya
C. kehidupan masyarakatnya
D. peninggalan – peninggalanya
E. isi prasasti tentang korban / sedekah sapi dari raja untuk para Brahmana

12. Perhatikan data berikut ;
1. letaknya strategis
2. runtuhnya kerajaan Funan
3. memiliki hasil pertanian yang melimpah
4. mengembangkan pelayaran dan perdagangan
5. runtuhnya kerajaan Majapahit di Jawa

Dari data diatas manakan yang merupakan faktor-faktor yang mendukung Sriwijaya
tumbuh dan berkembang sebagai kerajaan yang besar;
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 2,3 dan 4
D. 2,4 dan 5
E. 3,4 dan 5

13. Perhatikan nama candi candi berikut ;
1. Perambanan
2. Borobudur
3. Gedong Songo
4. Kalasan
5. Komplek Candi Dieng
Dari nama – nama candi diatas manakah yang termasuk candi-candi Hindu ;
A. 1,2,3
B. 1,3,5
C. 2,3,4
D. 2,4,5
E. 3,4,5

14. Islam masuk ke Indonesia dalam abad ke- 15 M, berdasarkan pada ….
A. Runtuhnya Majapahit
B. Informasi dari Marco Polo saudagar Italia.
C. Adanya pedagang Islam pada masa Sriwijaya
D. Ditemukanya makam Fatimah binti Maemun di Gresik.
E. Ditemukanya kompleks makam Islam di Samudera Pasai

15. Perhatikan pernyataan berikut ;
1. Doktrin
2. Perkawinan
3. Bakti sosial
4. Seni budaya
5. Penaklukan
Proses penyebaran agama Islam di tanah Jawa oleh Wali Songo dilakukan melalui ….
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 2,3 dan 4
D. 2,4 dan 5
E. 3,4 dan 5

16. Islam menjadi salah satu faktor penting dalam proses integrasi bangsa Indonesia pada abad ke-16 s.d. abad ke 19 , karena … .
A. kerajaan-kerajaan Islam di nusantara menyusun peraturan hukum.
B. penyebaran Islam dilakukan oleh para pegawai istana secara paksa.
C. Islam mengajarkan bahwa semua penganut Islam adalah saudara.
D. kegiatan keagamaan Islam harus selalu dilakukan bersama-sama.
E. penganut Islam tersebar di seluruh wilayah Indonesia/nusantara.

17. Banyak faktor yang mendorong timbulnya penjelajahan samudra yang dilakukan oleh bangsa Barat. Dibawah ini yang merupakan faktor politik .
A. Kristenisasi
B. Doktrin gereja
C. Teori Copernicus
D. Rempah-rempah
E. Menghancurkan kekuasaan Islam

18. Perhatikan pernyataan berikut ;
1. serbuan Inggris
2. kecurangan diantara pegawainya
3. perlawanan dari bangsa Indonesia
4. kalah bersaing dengan kongsi dagang negara lain
5. dibubarkan gubernur Jenderal Herman William Daendles
Diantara sebab dari bubarnya VOC adalah ;
A. 1,2 dan 3
B. 1,3 dan 5
C. 2,3 dan 4
D. 2,4 dan 5
E. 3,4 dan 5

19. Dampak positif pelaksanaan sistim Tanam Paksa bagi bangsa Indonesia ialah….
A. Peningkatan kesejahteraan
B. Mengenal sistim upah kerja
C. Mengenal sistim perdagangan
D. Mengenal jenis tanaman yang laku dipasaran internasional
E. Mendapatkan pendidikan dan pelatihan tehnik perkebunan

20. Perhatikan pernyataan berikut ;
1. buku the History of Java
2. jalan raya Anyer – Panarukan
3. kebun raya Bogor
4. pelabuhan Ujung Kulon, Merak dan Surabaya
Tindakan-tindakan Thomas Stamford Rafles yang berharga bagi bangsa Indonesia adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

21. Para pemuda Indonesia diberikan pendidikan dan latihan kemiliteran oleh pemerintah pendudukan Jepang dengan tujuan ….
A. pandai berperang
B. persiapan menghadapi Belanda
C. mampu mempertahankan tanah airnya
D. persiapan pembentukan Tentara Nasional Indonesia
E. membantu Jepang menghadapi perang Asia Timur Raya

22. Perhatikan data berikut ;
1. Reformasi gereja
2. Monarchi Absolut
3. Diskriminasi Sosial

4. Perekonomian yang kacau
5. Revolusi Industri
Faktor-faktor penyebab terjadinya revolusi Perancis adalah ….
A. 1,2 dan 3
B. 1,3 dan 5
C. 2,3 dan 4
D. 2,4 dan 5
E. 3,4 dan 5

23. Revolusi Rusia 1917 bertujuan ….
A. memperoleh kemerdekaan
B. Mendirikan Soviet Komunis
C. menggulingkan monarchi absolut
D. perubahan besar besaran dalam tehnik produksi
E. merubah sistim kenegaraan dari kerajaan menjadi republic

24. Perhatikan pernyataan berikut ;
1. Memiliki modal
2. Sistim pemerintahan Monarchi Absolut
3. Memiliki SDM yang baik
4. Memiliki daerah jajahan yang luas
5. Penghasil woll
Faktor-faktor yang mendorong timbulnya Revolusi Industri di inggris ;
A. 1,2 dan 3
B. 1,3 dan 4
C. 2,3 dan 4
D. 2,3 dan 5
E. 3,4 dan 5

25. Budi Utomo didirikan dengan tujuan ….
A. Mengembangkan jiwa dagang
B. Mencapai Indonesia merdeka
C. Mencerdaskan kehidupan bangsa
D. Mengakhiri penderitaan rakyat Indonesia
E. Meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia

26. Perhatikan organisasi-organisasi pergerakan nasional berikut :
1. Budi Utomo
2. Indische Partij
3. Tri Koro Dharmo
4. Partai Nasional Indonesia
Organisasi pergerakan Nasional yang bergerak dalam bidang politik adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

27. Peringatan Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober di maksudkan untuk ….
A. mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda
B. membanggakan perjuangan para pemuda
C. memperkuat semangat persatuan dan kesatuan
D. mengenang jasa para pahlawan terutama pahlawan pemuda
E. mendidik generasi muda supaya mencontoh generasi muda tempo dahulu

28. Pembentukan Badan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( Dokuritsu Junbi Cosakai ) oleh pemerintah Jepang pada 1 Maret 1945, pada hakikatnya dimaksudkan untuk ….
A. meredam kemarahan bangsa Indonesia
B. memberikan kebebasan pada bangsa Indonesia
C. mendapat dukungan bangsa Indonesia dalam perang pasifik
D. mengamankan kepentingan-kepentingan Jepang di Indonesia
E. memberikan kesan pada bangsa Indonesia bahwa Jepang bukan penjajah

29. Perhatikan peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan ;
1. Proklamasi Kemerdekaan
2. Pembentukan BPUPKI
3. Peristiwa Rengasdengklok
4. Amerika membom atom Hirosima
5. Ir. Sukarno, Drs. Moh. Hatta dan Radjiman Widiodingrat di panggil ke Dallat, Vietnam
Secara berurutan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan RI dapat disusun sebagai berikut ;
A. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
B. 2 – 3 – 5 – 5 – 1
C. 3 – 2 – 4 – 5 – 1
D. 3 – 4 – 5 – 2 – 1
E. 4 – 2 – 5 – 3 – 1

30. Perhatikan informasi berikut ;
1. Menetapkan 12 kementrian negara
2. Menetapkan Undang-undang Dasar
3. Menetapkan presiden dan wakil presiden
4. Membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR)
Ketetapan yang dihasilkan pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah …
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 2 dan 3
D. 1 dan 4
E. 1 dan 3

31. Tujuan dari pemberontakan PKI di Madiun pada tanggal 18 September 1948 adalah ….
A. membantu Belanda
B. tidak setuju dengan perjanjian Renville
C. tidak puas dengan kebijakan pemerintah
D. Madiun ingin memisahkan diri dari NKRI
E. mendirikan negara Komunis Soviet Republik Indonesia

32. Latar belakang dari timbulnya pemberontakan DI / TII adalah ketidak puasan Kartsuwiryo terhadap pemerintah atas di tanda tanganinya perjanjian ….
A. KMB
B. KAI
C. Renville
D. Linggarjati
E. Roem – Rayen

33. Perhatikan data berikut ;
1. kas negara kosong
2. blokade ekonomi Belanda
3. korupsi dikalangan pejabat tinggi
4. masih berlakunya bermacam-macam mata uang
5. Penghancuran objek-objek vital ekonomi oleh Belanda
Faktor-faktor penyebab timbulnya permasalahan ekonomi Indonesia pada awal-awal kemerdekaan ;
A. 1,2 dan 4
B. 1,3 dan 5
C. 2,3 dan 4
D. 2,4 dan 5
E. 3,4 dan 5

34. Untuk mengatasi defisit keuangan, pemerintah pada tanggal 20 Maret 1950 mengambil tindakan “Saneering” yaitu pemotongan uang. Tindakan dimasyarakat terkenal dengan ….
A. Petisi
B. Inflasi
C. Malaise
D. Devaluasi
E. Gunting Syafrudin

35. Contoh penyimpangan pasal 7 UUD 1945 pada masa pemerintahan Demokrasi Terpimpin.
A. Manipol dijadikan GBHN
B. Pengangkatan presiden seumur hidup.
C. Komunisme dibiarkan tumbuh kembang
D. Indonesia keluar dari keanggotaan PBB
E. Anggota MPR diangkat berdasarkan keputusan presiden.

36. Contoh penyimpangan pasal 7 UUD 1945 pada masa pemerintahan Demokrasi Terpimpin.
A. Manipol dijadikan GBHN
B. Pengangkatan presiden seumur hidup.
C. Komunisme dibiarkan tumbuh kembang
D. Indonesia keluar dari keanggotaan PBB
E. Anggota MPR diangkat berdasarkan keputusan presiden.

37. Setelah masa pemerintahan Orde Lama tumbang 1967, fase pemerintahan berikutnya adalah masa pemerintahan Orde Baru yang dengan tegas menyatakan bertujuan ….
A. Memajukan ekonomi kerakyatan
B. Memajukan masyarakat Indonesia
C. Koreksi total pemerintahan Orde Lama
D. Menciptakan masyarakat adil dan makmur
E. Menjalankan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekwen

38. Pembangunan pada masa Orde Baru meningkat dengan pesatnya, namun tidak secara signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, karena ;
A. Menggunakan dana pinjaman
B. Menitik beratkan pada sektor pertanian
C. Mengabaikan pembangunan sektor pendidikan
D. Mengandalkan hasil eksploitasi kekayaan alam
E. Hanya dinikmati sekelompok kecil orang yaitu konglemerat

39. Jika dibadingkan pada masa Orde Baru, kehidupan masyarakat pada masa Reformasi lebih baik, terutama dalam hal ….
A. Perekonomian
B. Keadilan hukum
C. Pelayanan kesehatan
D. Keamanan dan ketertiban
E. Penyaluran aspirasi politik

40. Sebab Utama yang menimbulkan timbulnya perang dingin antara Amerika Serikat dengan uni Soviet adalah ….
A. Perbedaan Ideologi
B. US ingkar dari kesepakatan Yalta
C. AS dan US sama-sama menduduki . Jerman
D. AS berusaha untuk mempengaruhi Eropa
E. US pasca PD II tetap menjalankan politik air hangat

41. Dibawah ini yang tidak termasuk dampak dari Perang Dingin antara AS – US adalah ….
A. Menimbulkan konflik
B. Timbulnya Perang Dunia III
C. Rasa tidak aman bagi penduduk dunia
D. Adanya pengelompokan negara di dunia
E. Menghambat hubungan antar bangsa
42. Latar belakang pendirian ASEAN adalah karena adanya kesamaan-kesamaan pada negara -negara Asia tenggara seperti dibawah ini, kecuali ;
A. Sejarah
B. ideologi
C. Geografis
D. kebudayaan
E. kepentingan

43. Sumbangsih Indonesia dalam rangka turut serta menciptakan perdamaian dunia diantaranya adalah dengan diadakanya JIM ( Jakarta Informal Meeting ) yakni dalam upaya menyelesaikan ;
A. Pertikaian RR China – Taiwan
B. Sparatis Moro di Philipina
C. Konflik Kamboja – Vietnam
D. Perang saudara antara Vietnam selatan – Utara
E. Perang saudara antara Korea Selatan – Utara

44. Penyebab utama terjadinya disintegrasi di Yugoslavia adalah ….
A. Meninggalnya Josept Bros Tito
B. Pertikaian antar etnis di Yugoslavia
C. Gerakan Serbia Raya dari etnis Serbia
D. Hilangnya pengaruh Uni Soviet di Yugoslavia
E. Perebutan pengaruh para tokoh di negara-negara bagian

45. Dibawah ini tokoh ANC yang berjuang menentang politik diskriminasi ras yang dilakukan oleh kulit putih terhadap kulit Hitam di Afrika Selatan dan Ia pernah dipenjarakan selama 28 tahun ….
A. P.W Botha
B. Desmon Tutu
C. F.W de Klerk
D. Nelson Mandela
E. Zulu Goodwill Zwelitini

UJIAN SEKOLAH 25

1. Secara prinsip perbedaan pengertian antara jaman prasejarah dengan jaman sejarah adalah , pada jaman sejarah masyarakatnya …
A. sudah mulai mengenal cara membuat dari logam
B. sudah mengenal dan meninggalkan bukti tertulis
C. sudah mulai mengenal bentuk kerajaan
D. mulai mengenal sistem perdagangan ( barter )
E. memiliki peradaban yang sudah cukup maju.

2. Pernyataan dibawah ini yang paling tepat sebagai sebuah contoh kegunaan edukatif adalah kisah sejarah yang …
A. membuat seseorang bijaksana menghadapi masa depan
B. membangkitkan semangat patriotism dan nasionalisme
C. memberikan suatu hiburan kepada para pembacanya
D. memdorong seseorang untuk cinta tanah air
E. mendorong seseorang menjadi lebih kreatif.

3. Perhatikan data-data berikut !
1. Prasasti
2. Legenda,
3. batu bertulis
4. Folkhlore.
5. Dongeng
6. Mite.

masyarakat praaksara berusaha mewariskan masa lalunya kepada generasi ditunjukkan dengan cara seperti yang ditunjukkan pada :
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 5 dan 6

4. Perhatikan data-data berikut !
1. Candi
2. Goa tempat tinggal
3. Sarkopagus
4. Dolmen
5. Kapak Genggam
6. Anak Panah
Hasil budaya masyarakat prasejarah yang dihubungkan dengan kehidupan kepercayaan mereka antara lain …
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6

5. Jenis manusia purba Indonesia “Meganthropus Paleojavanicus “ memiliki ciri-ciri yang istimewa antara lain…
A. Berbadan besar
B. Tidak berbulu lebat
C. Menyukai makanan buah
D. Dapat berjalan cepat
E. tinggal dirumah panggung

6. Wilayah Nusantara didiami oleh masyarakat yang berasal dari campuran bangsa asli Indonesia dengan bangsa Melayu Austronesia. Itu berarti …
A. bangsa Indonesia yang ada saat ini mengembangkan pertanian sebagai ciri bangsa Melayu
B. kebudayaan yang berkembang hanya dibagian timur dengan ciri yang berbeda
C. terjadinya percampuran kebudayaan melahirkan kebudayaan Indonesia saat ini
D. kehidupan masyarakatnya mulai mengenal kebudayaan batu dan kebudayaan logam
E. tersebarnya berbagai kebudayaan asing di Nusantara yang menjadi dasar budaya saat ini.

7. Perkembangan kehidupan sosial masyarakat India, khususnya lembah sungai Indus mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat Nusantara diantaranya adalah …
A. mulai berkembangnya agama Hindu-Budha
B. berkembangnya sistem Kasta dalam masyarakat
C. munculnya seni ragam hias India
D. mulai dikenalnya candi-candi seperti di India.
E. lahirnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha

8. Biasanya sebuah Piramida dijaga oleh ujud sebuah patung Spinx yang berujud …
A. manusia berkepala singa
B. manusia berkepala gajah
C. naga berkepala manusia
D. manusia berkepala srigala
E. singa berkepala manusia

9. Sistem pemerintahan yang pernah dikembangkan oleh beberapa Kekaisaran Romawi yang berpusat pada kekuasaan absolut kaisar dikenal dengan sistim …
A. Demokrasi
B. Kerajaan
C. Tirani
D. Sosialisme
E. Republik

10. Ada beberapa hipotesa yang mengungkapkan tentang masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Diantaranya adalah teori Wesya yang mengatakan bahwa masuk dan berkembangnya Hindu-Budha ke Indonesia dilakukan oleh …
A. Pedagang datang untuk berdagang disertai para pendeta
B. Pendeta yang menyebarkan Hindu-Budha di Indonesia
C. Tentara yang melarikan diri sampai ke Indonesia
D. Petani yang mencari kehidupan lebih baik
E. Budak yang dibawa oleh para pendeta ke Indonesia

11. Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan nasional Nusantara yang menguasai daerah pesisir. Itu menunjukkan kehidupan ekonomi Sriwijaya adalah …
A. perkebunan
B. nelayan
C. pariwisata
D. perdagangan
E. pertanian

12. Faktor utama yang mempercepat runtuhnya kerajaan Majapahit setelah wafatnya raja Hayam Wuruk dan patih Gajah Mada adalah …
A. Rapuhnya tatanan kehidupan masyarakat
B. Melupakan usaha pembentukan generasi penerus
C. Infrastruktur tidak disiapkan secara matang
D. Hubungan dengan kerajaan lain tidak terjalin dengan baik
E. Tidak dibangunnnya benteng pertahanan secara memadai

13. Perhatikan data-data berikut !
1. Monas
2. Masjid Agung Demak
3. Candi Prambanan
4. Candi Borobudur
5. Gua Selarong
Dari data peninggalan tersebut diatas, yang merupakan peninggalan peradaban Hindu Budha adalah …
A. 1 dan 2 D. 3 dan 4
B. 2 dan 3 E. 4 dan 5
C. 2 dan 4

14. Salah satu teori mengatakan, bahwa Islam masuk dan berkembang di Nusantara diperkirakan sekitar abad ke 11 – 12. Pendapat ini diungkapkan berdasarkan temuan …
A. temuan batu Leran di Gersik sebagai makam seorang wanita bernama Fatimah binti Maimun
B. adanya makam Maulana Malik Ibrahim yang jiratnya berasal dari abad ke 7 diwilayah Pasai
C. adanya sebutan Zabag-Zabay-Sribusa untuk Sriwijaya oleh pedagang dari Arab.
D. ceritera Laksamana Ceng-Ho yang melakukan penyerangan terhadap Majapahit.
E. Berita dari Marcopolo yang pernah terdampar dan tinggal sementara di Perlak (Pasai )

15. Perhatikan data-data berikut !
1. masjid dengan atap bertumpang
2. perayaan Idul Fitri
3. sholat berjamaah
4. upacara potong hewan kurban.
5. grebeg maulud
Dari data tersebut diatas, yang merupakan hasil akulturasi antara tradisi /budaya Hindu-Budha dengan Islam adalah …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5

16. Hasil kebudayaan masyarakat Hindu – Budha yang menakjubkan sebagai hasil perpaduan seni asli Nusantara dengan seni bangun India dapat kita lihat pada …
A. Candi Prambanan
B. Istana Demak
C. Monas
D. Istana merdeka
E. Candi Borobudur

17. Datangnya bangsa barat ke dunia timur termasuk ke Indonesia membawa semboyan “ 3 G “ ( gold-glory-gospel ) yang menjadi sebuah tujuan. Yang dimaksud diantaranya adalah …
A. mencari rempah-rempah, dan mengembangkan perdagangan
B. mencari daerah jajahan baru dan mencari emas
C. mengembangkan kejayaan dan perdagangan
D. menyebarkan agama Kristen dan mencari kejayaan
E. mencari emas dan melakukan penjelajahan

18. Untuk mempertahankan pulau Jawa dari serangan Inggris, Daendels membuat pertahanan sekaligus melancarkan kegiatan ekonomi dalam bentuk …
A. Bandara Sukarno – Hatta di Banten
B. Jalan baru dari Anyer ke Penarukan
C. Memperluas perkebunan Kopi di Demak
D. Pembangunan Gelora Bung Karno Senayan
E. Rel Kereta Api dari Banten ke Banyuwangi ( Turi )

19. Culturstelsel ( Tanam Paksa ) merupakan salah satu methode/cara Belanda untuk mengisi kas negara. Dengan Culturstelsel Belanda dapat mengeruk keuntungan cukup besar untuk membangun negerinya. Adapun latarbelakang Belanda melaksanakan melaksanakan Culturstelsel adalah …
A. Kosongnya kas Belanda akibat perang Diponegoro
B. Jatuhnya Belanda ke tangan Perancis dibawah Napolion Bonaparte
C. Meningkatkan aktifitas perdagangan internasional
D. Tekanan Inggris yang ingin mengambil alih Indonesia
E. Pertentangan dalam peemrintah antara Konservatif dengan Demokrat

20. Untuk mendukung kekuasaannya atas Indonesia, Jepang membangun berbagai
fasilitas pendukung perang dengan menggunakan tenaga rakyat secara terpaksa
dan banyak menimbulkan korban, tenaga kerja paksa yang dimaksud adalah …
A. Heiho
B. Romusya
C. PETA
D. Kompetai
E. Kaigun

21. Selama berkuasa di Indonesia , Jepang melaksanakan mobilisasi sosial dan ekonomi yang meinbulkan dampak negatif yaitu…
A. Tanah pertanian menjadi semakin sempit
B. Para petani dapat mengolah lahan baru
C. Para petani mendapat pengalaman baru
D. Para pemuda banyak yang pergi ke kota
E. Daerah pedesaan kekurangan tenaga kerja

22. Revolusi Perancis meletus sebagai akibat dari …
A. Kemenangan kaum kolonis yang berkuasa di Amerika
B. Keinginan rakyat agar dilakuklan pembagian kekuasaan
C. Adanya kritikan dari beberapa tokoh yang ingin perbaikan
D. Tidak adanya hak warga di dalam pemerintahan
E. Tindakan kaisar yang sewenang-wenang dan penyalahgunaan kekuasaan

23. Pada hakekatnya tujuan utama meletusnya Revolusi Amerika yang dilakukan oleh para kolonis Inggris adalah …
A. menyatukan seluruh kawasan Amerika menjadi bagian dari Inggris
B. membentuk negara baru yang bebas dari negara lain termasuk Inggris
C. menempatkan kebebasan sebagai doktrin dalam kehidupan masyarakat
D. menegakkan hak asasi manusia secara nasional dan internasional
E. menjadikan Amerika yang maju dalam berbagai bidang kehidupan.

24. Hakekat dari Revolusi Industri yang terjadi di Eropa adalah perubahan …
A. sistem pembuatan barang dari menggunakan tenaga manusia ke mesin
B. sistem dan fungsi tanah dari tanah pertanian ke tanah peternakan
C. pengolahan hasil iundustri pertanian ke industri pasar internasional
D. sistem pemerintahan dari sistem monarche ke sistem republik
E. tehnik pembuatan barang dari industri rumah tangga ke sistem pabrik

25. Budi Utomo merupakan organisasi pertama yang lahir di Indonesia yang bertujuan utamanya adalah …
A. Menyatukan pemuda untuk memperkuat pergerakan
B. Menumbuhkan jiwa persatuan bangsa
C. Membantu pemuda yang pintar tetapi tidak memiliki biaya
D. Menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten
E. Menyatukan pendapat dalam mencapai kemerdekaan

26. Arti penting “Sumpah Pemuda “ bagi bangsa Indonesia adalah …
A. Ujud keperdulian kaum pemuda dalam memperjuangkan haknya
B. Sebagai tekad dan keinginan pemuda bersatu berjuang mencapai kemerdekaan
C. Berakhirnya pertentangan antara golongan pemuda dengan golongan tua
D. Kesepakatan menyatukan seluruh organisasi perjuangan nasional
E. Keinginan pemuda untuk sesegera mungkin mencapai kemerdekaan

27. PUTERA adalah salah satu organisasi yang pernah dibentuk olej Jepang yang kemudian dibubarkan kemudian diganti dengan organisasi baru yaitu…
A. Jawa Hokokai D. Masyumi
B. PETA E. Gerakan 3 A
C. MIAI

28. Untuk tetap mendapatkan dukungan rakyat Indonesia, pemerintah Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak kemudian hari yang yang diucapkan oleh PM Koiso, dikenal dengan “ Janji Koiso “.Hal ini dilakukan karena …
A. Jerman mengalami kekalahan dalam perang di Eropa
B. rakyat Indonesia tidak lagi mendukung terhadap Jepang
C. Jepang terdesak dalam perang Asia Timur raya
D. Hancurnya Hirosima dan Nagazaki karena di bom AS
E. Jepang sudah menyerah tanpa syarat kepada Sekutu

29. Menjelang proklamasi Indonesia, terjadi sebuah peristiwa Peristiwa Rengas Dengklok yaitu diculiknya Sukarno – Hatta yang bertujuan …
A. menyiapkan segala sesuatunya untuk melaksanakan proklamasi
B. mengakhiri perbedaan pendapat tentang pelaksanaan proklamasi
C. menyatukan pendapat rakyat tentang kemerdekaan
D. agar Sukarno – Hatta tidak dipengaruhi dan diperalat oleh Jepang
E. persamaan keinginan tentang pelaksanaan proklamasi

30. Metode yang digunakan oleh PPKI yntuk menentukan presiden dan wakilnya untuk yang kali pertama adalah …
A. Aklamasi dan kesepakatan oleh anggota sidang
B. Diadakan Pemilu untuk yang pertama
C. Penunjukkan langsung terhadap yang hadir
D. Pembentukan tim khusus pemilihan presiden
E. Penentuan pendapat rakyat ( pepera )

31. Pemimpin RI yang pernah menjabat sebagai Perdana Mentri kemudian berbalik memberikan dukungan terhadap pemrontakan KPI di Madiun tahun 1948 adalah …
A. Tan Malaka
B. Musso
C. DN Aidit
D. Kahar Muzakar
E. Amir Syarifuddin

32. Di Sulawesi Selatan terjadi pembrontakan DI / TII pimpinan Kahar Muzakar yang dilatar belakangi oleh …
A. Keinginan Belanda menguasai Negara Indonesia Timur
B. Kekosongan kekuasaan karena ditinggal oleh Belanda
C. Usaha Belanda untuk mengadu domba rakyat Indonesia
D. Rencana pembubaran Komando Gerilya Sulawesi Selatan ( KGSS )
E. Pembubaran Negara Indonesia Timur oleh pemerintah pusat

33. Operasi penumpasan G.30 S / PKI, mulai dilancarkan bulan Oktober 1965 dibawah komando Kolonel Sarwo Edi Wibowo dari pasukan …
A. KKO
B. Cakrabirawa
C. Paspampres
D. Marinir AL
E. RPKAD

34. Kebijakan ekonomi yang dijalankan oleh pemerintah awal proklamasi dalam rangka memperkuat perekonomian nasional agar mampu bersaing baik secara nasional maupun internasional dikenal dengan program ekonomi ….
A. Gerakan Benteng.
B. Gunting Syafrudin
C. Kasimo Plan
D. Obligasi Nasional
E. Gerakan Ali – Baba

35. Politik yang dijalankan oleh Presiden Soekarno untuk mengangkat nama besar bangsa Indonesia di dunia internasional walaupun didalam negeri terpuruk , merupakan salah satu bentuk penyimpangan terhadap politik luar negeri dikenal dengan politik …
A. Bebas Aktif D. Mercusuar
B. Non Blok
C. Diplomasi positif E. Poros Jakarta -Peking

36. Latar belakang terjadinya konfrontasi antara Malaysia dengan Indonesia adalah …
A. putusnya hubungan antara Indonesia dengan China
B. Indonesia menentang terbentuknya federasi Malaysia
C. Malaysia adalah bagian dari negara blok barat
D. kegagalan Indonesia mempengaruhi Singapura
E. semakin besarnya pengaruh Komunis di Indonesia

37. Pada hakekatnya terbentuknya pemerintahan Orde Baru setelah terjadinya peristiwa G. 30.S / PKI bertujuan untuk …
A. Melaksanakan program kesejahteraan masyarakat
B. Menempatkan Indonesia sebagai bangsa yang terhormat
C. Melaksanakan Pancasila dan UUD 45 secara murni dan konsekwen
D. Melibatkan rakyat dalam pemerintahan melalui Pemilu
E. Melarang organisasi yang berazaskan Komunis

38. Untuk menciptakan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang sejahtera,aman dan stabil, pemerintah Orde Baru selalu menyiapkan program pemerintah diantaranya …
A. Panca Usaha Tani
B. Dwi Darma Catur Karya
C. Balanced budget
D. Trilogi Pembangunan
E. Bebas Aktif

39. Dampak negatif dari pemerintahan Reformasi yang mulai berlangsung mulai tahun 1998 antara lain …
A. Korupsi mulai mendapatkan perhatian pemerintah
B. Hak Asazi manusia mulai ditegakkan
C. Rakyat terjebak pada euphoria kebebasan
D. KKN mulai merajalela
E. Demokrasi kembali diabaikan

40. Penyebab utama terjadinya persaingan antara Amerika Serikat dengan Uni Sovyet yang dikenal dengan istilah perang dingin adalah …
A. tekanan-tekanan terhadap negara kecil
B. konflik kepentingan, supremasi dan ideologi
C. perbedaan ideologi antara blok barat dengan blok timur
D. saling menekan antara blok barat dengan blok timur
E. memperebutkan daerah perdagangan

41. Perang Dingin membawa pengaruh dan dampak cukup luas bagi dunia, Salah satu dampak positip dari terjadinya Perang Dingin adalah …
A. hubungan antar negara semakin dekat
B. terjadinya perang secara sporadis
C. mulai direncanakan revitalisasi PBB
D. dibentuknya tentara keamanan PBB
E. Ilmu Pengetahuan dan teknologi berkembang pesat

42. Yang bukan merupakan bentuk-bentuk kerjasama organisasi regional ASEAN adalah …
A. teknologi D. sosial
B. budaya E. ekonomi
C. meliter

43. Pemerintah RI merasa ikut bertanggungjawab atas perdamaian regional sehingga terlibat dalam perwuijudkan perdamaian. Salah satunya menjadi fasilitator dalam pertemuan “ Jakarta Informal Meeting “ untuk membantu masalah …
A. Kamboja
B. Vietnam
C. Islam Moro
D. Filipina
E. Timor Leste

44. Setelah wafatnya Yosef Broz Tito, Yugoslavia kemudian mengalami perpecahan yang dilatar belakangi oleh …
A. letak yang strategis di jalur perdagangan
B. pengaruh dari bersatunya Jerman
C. turunnya legalitas pemerintahan
D. wilayah Yugoslavia yang cukup luas
E. merajalelanya KKN dilingkungan birokrat

45. Negarawan Afrika Selatan melalui berbagai perjuangannya untuk menghapuskan sistem dan aturan yang berbau rasial dan menghapuskan politik Apartheid adalah…
A. Desmont Tutu
B. Goodwill Zwilitini
C. FW. De Klerk
D. Nelson Mandela
E. Pieter Botha

UJIAN SEKOLAH 24

1. Perbedaan pengertian antara jaman prasejarah dengan jaman sejarah adalah , pada jaman prasejarah masyarakatnya …
A. sudah mengenal sistem bercocok tanam
B. belum mengenal dan meninggalkan bukti tertulis
C. terbentuk masyarakat prototife sebuah kerajaan
D. hidupnya masih bersifat nomaden ( perpindah-pindah )
E. memiliki peradaban yang sudah cukup maju.

2. Peristiwa sejarah dapat mengilhami jiwa kepahlawanan seseorang. Pernyataan di atas yang paling tepat adalah manfaat sejarah dari segi….
A. pedagogik D. inspiratif
B. rekreatif E. edukatif
C. instruktif

3. Perhatikan data-data berikut !
1. Folkhlore.
2. Mite,
3. Prasasti
4. Legenda,
5. Batu bertulis
dari data tersebut diatas, merupakan cara masyarakat praaksara berusaha mewariskan masa lalunya kepada generasi ditunjukkan pada :
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4 dan 5

4. Perhatikan data-data berikut !
1. masyarakat sebagai sebuah kerajaan
2. nomaden / berpindah-pindah
3. meninggalkan bukti tertulis
4. makanan tergantung dari alam
Dari data diatas yang merupakan ciri-ciri kehidupan masyarakat prasejarah terutama jaman Paleolitikum antara lain …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

5. Jenis manusia purba Indonesia “ Pithecantrhopus Erectus “ memiliki ciri-ciri yang sudah mendekati manusia antara lain…
A. Tidak berbulu lebat
B. Menyukai makanan buah
C. Dapat berjalan cepat
D. Tinggal dirumah panggung
E. Sudah berdiri tegak

6. Berdasarkan beberapa teori, bangsa yang kemudian mendiami wilayah Indonesia saat ini berasal dari campuran bangsa Melayu, ini terbukti dari …
A. sebagian penduduk Indonesia berkulit kekuningan dengan rambut lurus
B. fisik suku-suku bangsa di Indonesia relatif kecil dengan kegiatan perdagangan
C. mata pencaharian bangsa Indonesia dari agraris, memanfaatkan angin
D. menggunakan bahasa pengantar dalam pergaulan berdialek China Selatan
E. sebagian besar penduduk Indonesia di bagian timur bermata sipit dengan kulit putih

7. Kehidupan sosial India mempunyai pengaruh sangat luas dan penting bagi kehidupan masyarakat Nusantara. Salah satu bentuk pengaruhnya yang paling menonjol adalah. ..
A. mulai berkembangnya agama Hindu-Budha
B. berkembangnya sistem Kasta dalam masyarakat
C. munculnya seni ragam hias India
D. mulai dikenalnya candi-candi seperti di India.
E. lahirnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha

8. Piramida merupakan salah satu hasil budaya masyarakat Mesir kuno yang sangat menakjubkan yang berfungsi sebagai …
A. makam para Fir’aun
B. Usaha meningkatkan taraf hidup rakyat
C. pendorong kehidupan yang layak
D. pertanda kehidupan yang kaya
E. Penyimpan hasil mata pencaharian

9. Sistem pemerintahan yang dilaksanakan sejak masa kekaisaran Romawi sampai saat ini yang melibatkan seluruh rakyat adalah sistim …
A. Republik
B. Kekaisaran
C. Kerajaan
D. Absolutisme
E. Tirani

10. Ada beberapa hipotesa yang mengungkapkan tentang masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Diantaranya adalah teori Ksatria yang mengatakan bahwa masuk dan berkembangnya Hindu-Budha ke Indonesia dilakukan oleh …
A. Pendeta yang menyebarkan Hindu-Budha di Indonesia
B. Pedagang datang untuk berdagang sambil mengajarkan agama
C. Tentara yang melarikan diri sampai ke Indonesia
D. Petani yang mencari kehidupan lebih baik
E. Budak yang dibawa oleh para pendeta ke Indonesia.

11. Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan nasional Nusantara yang berada di daerah pedalaman. Itu berarti kehidupan ekonomi masyarakat Majapahit adalah …
A. nelayan
B. pariwisata
C. perkebunan
D. pertanian
E. perdagangan

12. Setelah wafatnya Hayam Wuruk dan Gajah Mada sebagai raja dan pemimpin, kemudian kerajaan Majapahit dengan cepat mengalami keruntuhan. Ini menunjukkan bahwa
A. Rapuhnya tatanan kehidupan masyarakat
B. Melupakan usaha pembentukan generasi penerus
C. Infrastruktur tidak disiapkan secara matang
D. Hubungan dengan kerajaan lain tidak terjalin dengan baik
E. Tidak dibangunnnya benteng pertahanan secara memadai

13. Perkembangan peradaban Hindu – Budha banyak meninggalkan berbagai bentuk kebudayaan seperti dibawah ini, kecuali …
A. Kraton Mataram kuno
B. Istana Majapahit di Trowulan
C. Candi Borobudur
D. Candi Prambanan
E. Masjid Agung Demak

14. Berbagai pendapat muncul berkenaan dengan masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia. Pendapat-pendapat tersebut didukung dengan bukti serta argumentasi yang meyakinkan.Salah satu pendapat mengatakan bahwa agama dan kebudayaan Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke 7. Pendapat ini didukung oleh bukti …
A. adanya sebutan Zabag-Zabay-Sribusa untuk Sriwijaya oleh pedagang dari Arab.
B. adanya makam Maulana Malik Ibrahim yang jiratnya berasal dari abad ke 7 diwilayah Pasai
C. temuan batu Leran di Gersik sebagai makam seorang wanita bernama Fatimah binti Maimun
D. ceritera Laksamana Ceng-Ho yang melakukan penyerangan terhadap Majapahit.
E. Berita dari Marcopolo yang pernah terdampar dan tinggal sementara di Perlak (Pasai )

15. Satu tradiri dari Majapahit Hindu – Mataram Islam bahkan sampai saat ini masih dilaksanakan oleh masyarakat sebagai tradisi berupa kenduri gunungan yang berisikan makanan dan buah-buahan hasil bumi, diarak dan kemudian diperebutkan oleh masyarakat. Tradisi yang dimaksud adalah …
A. Sekaten
B. Grebeg
C. Soko tatal
D. Halal – Bihalal
E. Ziarah

16. Seni ragam hias India mempengaruhi seni bangun punden berundak bangsa Indonesia dapat dengan jelas kita lihat pada …
A. Monas
B. Masjid Agung Demak
C. Candi Borobudur
D. Istana merdeka
E. Candi Prambanan

17. Perhatikan pernyataan berikut :
1. mencari kekayaan
2. menyebarkan agama Kristen
3. memperkenalkan teknologi
4. mencari kejayaan
5. melakukan penjelajahan
pernyataan tersebut diatas adalah Semboyan 3 G ( gold-glory-gospel ) yang dianut dan menjadi tujuan datangnya bangsa barat ke dunia timur termasuk Indonesia
A. 1 , 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4, dan 5

18.
Kebijakan / tindakan
No Daendels No Rafles
1 Mengadakan pengadilan sistem juri 1 Mengadakan pengadilan keliling
2 Bupati diangkat menjadi pegawai negeri 2 Mengangkat bupati sebagai raja feodal
3 Membagi Jawa menjadi 18 Kekeresidenan 3 Membagi Jawa menjadi 8 profektur
4 Menghapuskan pajak hasil bumi 4 Mengadakan pajak inatura
Dari data tersebut diatas dapat disimpulkan adanya persamaan tindakan kedua pejabat tersebut diatas yang ditunjukkan oleh …
A. 1 dan 1
B. 1 dan 2
C. 2 dan 2
D. 3 dan 3
E. 4 dan 4

19. Culturstelsel ( Tanam Paksa ) merupakan salah satu methode/cara Belanda untuk mengisi kas negara. Dengan Culturstelsel Belanda dapat mengeruk keuntungan berjuta gulden kekayaan rakyat Indonesia untuk membangun negeri Belanda. Belanda berkembang dengan pesat menjadi negara maju dan negara industri. Demikian akibat dari Culturstelsel bagi Belanda, Tetapi bagi rakyat Indonesia berakibat …
A. rakyat mulai menyadari tentang perlu adanya kerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan
B. penduduk Indonesia dipindahkan secara paksa untuk dipekerjakan di daerah perkebunan
C. lahirnya pergerakan nasional Indonesia yang dipelopori oleh kaum buruh di berbagai daerah
D. mulai dilarangnya aktifitas seluruh organisasi sosial politik diseluruh wilayah Hindia – Belanda
E. dibukanya wilayah Hindia-Belanda untuk penanaman modal asing dari berbagai negara.

20. Setelah berkuasa atas wilayah Indonesia, Jepang membangun berbagai fasilitas pendukung perang dengan menggunakan tenaga rakyat , termasuk sebagai pendukung perang yang mendapatkan pelatihan meliter yaitu …
A. Romusya
B. Heiho
C. PETA
D. Kompetai
E. Kaigun

21. Akibat negatif dari adanya mobilitas sosial dan ekonomi pada masa pendudukan Jepang di Indonesia berdampak …
A. Tanah pertanian menjadi semakin sempit
B. Para petani dapat mengolah lahan baru
C. Para petani mendapat pengalaman baru
D. Daerah pedesaan kekurangan tenaga kerja
E. Para pemuda banyak yang pergi ke kota

22. Faktor utama sebagai penyebab terjadinya Revolusi Perancis adalah …
A. Berkuasanya Napolion Bonaparte atas seluruh kekuasaan
B. Berkembangnya ajaran Humanis yang membangkitkan Eropa
C. Pelaksanaan sistem Monarchi Absolut masa raja Louis XIV
D. Dibuatnya Undang-undang oleh Dewan perwakilan kekaisaran
E. Dibekukannya posisi dewan bangsawan di parlemen

23. Revolusi Amerika yang dilakukan oleh para kolonis Inggris pada hakekatnya bertujuan untuk …
A. menyatukan seluruh kawasan Amerika menjadi bagian dari Inggris
B. menempatkan kebebasan sebagai doktrin dalam kehidupan masyarakat
C. membentuk negara baru yang bebas dari negara lain termasuk Inggris
D. menegakkan hak asasi manusia secara nasional dan internasional
E. menjadikan Amerika yang maju dalam berbagai bidang kehidupan.

24. Peristiwa yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan Eropa dan dunia adalah Revolusi Industri, yang pada hakekatnya merupakan
A. usaha memanfaatkan semua sumber daya alam untuk kehidupan
B. tehnik pembuatan barang dari industri rumah tangga ke sistem pabrik
C. temuan berbagai alat ( iptek ) yang mempercepat proses industrialisasi
D. sebuah strategi dalam pengembangan industri umum
E. perubahan sistem pemerintahan menuju ke sistem demokrasi

25. Sarekat Islam merupakan satu organisasi pedagang yang beragama Islam yang lahir pada masa Pergerakan Nasional Indonesia dengan tujuan utamanya adalah …
A. Pemurnian kembali agama Islam
B. Menyatukan pedagang pribumi dengan pedagang China
C. Mempersiapkan kehidupan rakyat untuk merdeka
D. Menumbuhkan jiwa dagang pada masyarakat
E. Menentang kehadiran pedagang asing

26. Sumpah Pemuda “ merupakan satu peristiwa yangat penting bagi bangsa Indonesia karena pada hakekatnya merupakan …
A. Bersatunya seluruh organisasi Pemuda untuk mencapai kemerdekaan
B. Kesepakatan bersama dari seluruh orgainsasi pergerakan melawan Belanda
C. tekad para pemuda untuk bersatu berjuang mencapai kemerdekaan
D. lahirnya organisasi baru dalam pergerakan nasional Indonesia
E. Sumpah sehidup-semati dalam mencapai cita-cita nasional

27. PUTERA adalah salah satu organisasi yang pernah dibentuk oleh Jepang yang kemudian dibubarkan karena …
A. Rakyat Indonesia tidak bersedia menjadi anggotanya
B. Membuat Jepang kalah dalam perang Pasifik
C. Telah memiliki organisasi yang baru
D. Lebih banyak menguntungkan bangsa Indonesia
E. Para pemimpinnya kurang cakap

28. Pemerintah Jepang pernah berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak kemudian hari yang yang diucapkan oleh PM Koiso, dikenal dengan “ Janji Koiso “. Latar belakang janji tersebut adalah …
A. Hancurnya Hirosima dan Nagazaki karena di bom AS
B. Kalahnya Jerman dalam perang di Eropa
C. Besarnya dukungan rakyat Indonesia terhadap Jepang
D. Menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada Sekutu
E. Terdesaknya Jepang dalam perang Asia Timur raya

29. Menjelang proklamasi Indonesia, terjadi sebuah peristiwa penting yaitu Peristiwa Rengas Dengklok yang dilatarbelakangi oleh adanya …
A. perbedaan pendapat tentang pelaksanaan proklamasi
B. kalahnya Jepang dalam perang Pasifik
C. larangan untuk melaksanakan proklamasi
D. mencegah datangnya Sekutu di Indonesia
E. persamaan keinginan tentang pelaksanaan proklamasi

30. Pada sidangnya yang pertama tanggal 18 Agustus 1945, PPKI sebagai menetapkan presiden dan wakil presiden dengan cara …
A. aklamasi
B. voting tertutup
C. pemilu
D. formatur
E. penunjukkan

31. PKI tetap berusaha merebut pemerintahan dan mengembangkan faham Komunis di Indonesia diawali dengan pembrontakan di Madiun yang di pimpinan …
A. DN Aidit
B. Amir Syarifuddin
C. Tan Malaka
D. Musso
E. Kahar Muzakar

32. Di Jawabarat terjadi pembrontakan DI / TII pimpinan SM Kartosuwiryo dilatar belakangi oleh …
A. Keinginan Belanda menguasai Negara Pasundan
B. Kekosongan kekuasaan karena ditinggal oleh Belanda
C. Usaha Belanda untuk mengadu domba rakyat Indonesia
D. Adanya perjanjian Renville, yang dimanfaatkan oleh kelompok tertentu
E. Pembubaran Masyumi sebagai organisasi Islam oleh Jepang

33. Setelah terjadinya peristiwa G.30.S/PKI, Kostrad sebagai pasukan elit melakukan langkah koordinatif unt menciptakan keamaan yang saat itu dijabat oleh …
A. Brigjen Basuki Rachmat
B. Letjen AH. Nasution
C. Letkol Latief
D. Kol. Untung
E. Mayjen Suharto

34. Kebijakan ekonomi yang dijalankan oleh pemerintah dalam rangka memperkuat pengusaha pribumi dengan memadukan kemampuan pengusaha pribumi dengan pengusaha keturunan China dikenal dengan nama …
A. Gunting Syafrudin
B. Gerakan Ali – Baba
C. Kasimo Plan
D. Obligasi Nasional
E. Gerakan Benteng.

35. Bentuk penyimpangan politik luar negeri yang terjadi pada masa pelaksanaan sistem Demokrasi terpimpin adalah …
A. menerima bantuan bantuan dari AS
B. terbentuknya poros Jakarta – Peking
C. menjadi anggota tentara keamanan PBB
D. terjadinya usaha merebut Irian Barat
E. memasukan Timor-timur sebagai bagian dari RI

36.Terjadinya konfrontasi antara Malaysia dengan Indonesia dilatarbelakangi oleh ….
A. keluarnya Indonesia dari PBB
B. gagalnya Inggris menguasai Indonesia.
C. Indonesia gagal menyaingi Malaysia sebagai anggota DK PBB
D. Malaysia adalah bagian dari negara blok barat
E. dibentuknya negara federasi Malaysia sebagai neo kolonialis

37. Setelah penumpasan G.30S / PKI serta pembubaran PKI, maka terbentuklah pemerintahan baru yang dikenal dengan “ Orde Baru “ yang bertujuan …
A. Melaksanakan Trilogi Pembangunan
B. Menegakkan kembali politik luar negeri
C. Melaksanakan Pancasila dan UUD 45 secara murni
D. Melarang organisasi yang berazaskan Komunis
E. Menentang berbagai bentuk penyelewengan

38. Pemerintahan Orde Baru secara bertahap mampu memperbaiki dan meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakatnya melalui program-programnya yaitu …
A. Repelita
B. Panca Usaha Tani
C. Industrialisasi
D. Program KB
E. Dwi Darma Catur Karya

39. Kebijakan sosial pemerintahan Reformasi yang justru berdampak terganggunya ketertiban umum adalah …
A. Membiarkan para pedagang kakilima berjualan berbagai tempat
B. Kebebasan menyampaikan pendapat melalui demontrasi di jalan
C. Terbitnya berbagai jenis koran sebagai sumber informasi
D. Tidak tersaringnya informasi yang tersebar di dalam masyarakat
E. Kebebasan menentukan batas daerah dengan alasan otonomi daerah

40. Setelah Perang Dunia II, dunia masih mengalami berbagai masalah terutama tarik menarik dua blok negara yaitu blok barat dengan timur yang menimbulkan ketegangan antar negara. Hal tersebut disebabkan oleh …
A. tekanan-tekanan terhadap negara kecil
B. konflik kepentingan, supremasi dan ideologi
C. perbedaan ideologi antara blok barat dengan blok timur
D. saling menekan antara blok barat dengan blok timur
E. memperebutkan daerah perdagangan

41. Salah satu dampak positip dari terjadinya Perang Dingin adalah …
A. hubungan antar negara semakin dekat
B. terjadinya perdagangan secara internasional
C. mulai direncanakan revitalisasi PBB
D. dibentuknya tentara keamanan PBB
E. Ilmu Pengetahuan dan teknologi berkembang pesat

42. ASEAN merupakan salah satu organisasi regional yang menekankan pada kerjasama bidang seperti dibawah ini, kecuali …
A. meliter
B. sosial D. teknologi
C. budaya E. Ekonomi

43. Sebagai anggota ASEAN, Pemerintah RI ikut serta menciptakan perdamaian regional, salah satunya ikut membantu menyelesaikan konflik di Kamboja dalam program …
A. ASEAN Meeting of Campuchea
B. Indonesian – Champuchea Summit
C. Perjanjian Kamboja – Jakarta
D. International Conperenceon Kampuchea
E. Jakarta Informal Meeting ( JIM )

44. Perhatikan data-data berikut !
1. merajalelanya KKN dilingkungan birokrat
2. turunnya legalitas pemerintahan
3. saling curiga mencurigai antar negara bagian
4. dikeluarkannya Yugoslavia dari PBB
5.adanya keinginan untuk menguasai negara bagian lainnya

Data diatas adalah beberapa kondisi politik yang menyebabkan keruntuhan Yugoslavia setalah wafatnya Yosef Broz Tito
A. 1, 2 dan 3 D. 2, 3 dan 5
B. 1, 2 dan 4 E. 3, 4 dan 5
C. 2, 3 dan 4

45. Negarawan Afrika Selatan yang pada masa pemerintahannya menghapuskan undang-undang yang berbau rasial dan menghapuskan poliitik Apartheid adalah…
A. Nelson Mandela
B. FW. De Klerk
C. Goodwill Zwilitini
D. Desmont Tutu
E. Pieter Botha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s