latihan Ujian Sekolah SEJARAH IPS

Posted: January 31, 2017 in kumpulan soal

Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2013-2014/ Sejarah IPS /Paket A /Utama

Mata Pelajaran : SEJARAH
Program Studi : IPS

Hari, tanggal :

Jam :

1. Isikan nomor ujian, nama peserta peserta, tanggal ujian, kode naskah , kelas, jenis kelamin dan tanda tangan pada Lembar Jawaban Ujian Sekolah ( LJUS ), sesuai petunjuk di LJUS.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUS.
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 45 butir pilihan ganda dan 5 soal uraian .
5. Untuk soal uraian, jawablah pada kertas yang disediakan dengan menggunakan bollpoint warna hitam atau biru.
6. Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
7. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
8. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP tabel matematika atau alat bantu lainnya.
9. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

1. Perbedaan pengertian antara jaman prasejarah dengan jaman sejarah adalah , pada jaman prasejarah masyarakatnya …
A. sudah mengenal sistem bercocok tanam
B. belum mengenal dan meninggalkan bukti tertulis
C. terbentuk masyarakat prototife sebuah kerajaan
D. hidupnya masih bersifat nomaden ( perpindah-pindah )
E. memiliki peradaban yang sudah cukup maju.

2. Peristiwa sejarah dapat mengilhami jiwa kepahlawanan seseorang. Pernyataan di atas yang paling tepat adalah manfaat sejarah dari segi….
A. pedagogik D. inspiratif
B. rekreatif E. edukatif
C. instruktif

3. Perhatikan data-data berikut !
1. Folkhlore.
2. Mite,
3. Prasasti
4. Legenda,
5. Batu bertulis
dari data tersebut diatas, merupakan cara masyarakat praaksara berusaha mewariskan masa lalunya kepada generasi ditunjukkan pada :
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4 dan 5

4. Perhatikan data-data berikut !
1. masyarakat sebagai sebuah kerajaan
2. nomaden / berpindah-pindah
3. meninggalkan bukti tertulis
4. makanan tergantung dari alam
Dari data diatas yang merupakan ciri-ciri kehidupan masyarakat prasejarah terutama jaman Paleolitikum antara lain …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

5. Jenis manusia purba Indonesia “ Pithecantrhopus Erectus “ memiliki ciri-ciri yang sudah mendekati manusia antara lain…
A. Tidak berbulu lebat
B. Menyukai makanan buah
C. Dapat berjalan cepat
D. Tinggal dirumah panggung
E. Sudah berdiri tegak

6. Berdasarkan beberapa teori, bangsa yang kemudian mendiami wilayah Indonesia saat ini berasal dari campuran bangsa Melayu, ini terbukti dari …
A. sebagian penduduk Indonesia berkulit kekuningan dengan rambut lurus
B. fisik suku-suku bangsa di Indonesia relatif kecil dengan kegiatan perdagangan
C. mata pencaharian bangsa Indonesia dari agraris, memanfaatkan angin
D. menggunakan bahasa pengantar dalam pergaulan berdialek China Selatan
E. sebagian besar penduduk Indonesia di bagian timur bermata sipit dengan kulit putih

7. Kehidupan sosial India mempunyai pengaruh sangat luas dan penting bagi kehidupan masyarakat Nusantara. Salah satu bentuk pengaruhnya yang paling menonjol adalah. ..
A. mulai berkembangnya agama Hindu-Budha
B. berkembangnya sistem Kasta dalam masyarakat
C. munculnya seni ragam hias India
D. mulai dikenalnya candi-candi seperti di India.
E. lahirnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha

8. Piramida merupakan salah satu hasil budaya masyarakat Mesir kuno yang sangat menakjubkan yang berfungsi sebagai …
A. makam para Fir’aun
B. Usaha meningkatkan taraf hidup rakyat
C. pendorong kehidupan yang layak
D. pertanda kehidupan yang kaya
E. Penyimpan hasil mata pencaharian

9. Sistem pemerintahan yang dilaksanakan sejak masa kekaisaran Romawi sampai saat ini yang melibatkan seluruh rakyat adalah sistim …
A. Republik
B. Kekaisaran
C. Kerajaan
D. Absolutisme
E. Tirani

10. Ada beberapa hipotesa yang mengungkapkan tentang masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Diantaranya adalah teori Ksatria yang mengatakan bahwa masuk dan berkembangnya Hindu-Budha ke Indonesia dilakukan oleh …
A. Pendeta yang menyebarkan Hindu-Budha di Indonesia
B. Pedagang datang untuk berdagang sambil mengajarkan agama
C. Tentara yang melarikan diri sampai ke Indonesia
D. Petani yang mencari kehidupan lebih baik
E. Budak yang dibawa oleh para pendeta ke Indonesia.

11. Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan nasional Nusantara yang berada di daerah pedalaman. Itu berarti kehidupan ekonomi masyarakat Majapahit adalah …
A. nelayan
B. pariwisata
C. perkebunan
D. pertanian
E. perdagangan

12. Setelah wafatnya Hayam Wuruk dan Gajah Mada sebagai raja dan pemimpin, kemudian kerajaan Majapahit dengan cepat mengalami keruntuhan. Ini menunjukkan bahwa
A. Rapuhnya tatanan kehidupan masyarakat
B. Melupakan usaha pembentukan generasi penerus
C. Infrastruktur tidak disiapkan secara matang
D. Hubungan dengan kerajaan lain tidak terjalin dengan baik
E. Tidak dibangunnnya benteng pertahanan secara memadai

13. Perkembangan peradaban Hindu – Budha banyak meninggalkan berbagai bentuk kebudayaan seperti dibawah ini, kecuali …
A. Kraton Mataram kuno
B. Istana Majapahit di Trowulan
C. Candi Borobudur
D. Candi Prambanan
E. Masjid Agung Demak

14. Berbagai pendapat muncul berkenaan dengan masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia. Pendapat-pendapat tersebut didukung dengan bukti serta argumentasi yang meyakinkan.Salah satu pendapat mengatakan bahwa agama dan kebudayaan Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke 7. Pendapat ini didukung oleh bukti …
A. adanya sebutan Zabag-Zabay-Sribusa untuk Sriwijaya oleh pedagang dari Arab.
B. adanya makam Maulana Malik Ibrahim yang jiratnya berasal dari abad ke 7 diwilayah Pasai
C. temuan batu Leran di Gersik sebagai makam seorang wanita bernama Fatimah binti Maimun
D. ceritera Laksamana Ceng-Ho yang melakukan penyerangan terhadap Majapahit.
E. Berita dari Marcopolo yang pernah terdampar dan tinggal sementara di Perlak (Pasai )

15. Satu tradiri dari Majapahit Hindu – Mataram Islam bahkan sampai saat ini masih dilaksanakan oleh masyarakat sebagai tradisi berupa kenduri gunungan yang berisikan makanan dan buah-buahan hasil bumi, diarak dan kemudian diperebutkan oleh masyarakat. Tradisi yang dimaksud adalah …
A. Sekaten
B. Grebeg
C. Soko tatal
D. Halal – Bihalal
E. Ziarah

16. Seni ragam hias India mempengaruhi seni bangun punden berundak bangsa Indonesia dapat dengan jelas kita lihat pada …
A. Monas
B. Masjid Agung Demak
C. Candi Borobudur
D. Istana merdeka
E. Candi Prambanan

17. Perhatikan pernyataan berikut :
1. mencari kekayaan
2. menyebarkan agama Kristen
3. memperkenalkan teknologi
4. mencari kejayaan
5. melakukan penjelajahan
pernyataan tersebut diatas adalah Semboyan 3 G ( gold-glory-gospel ) yang dianut dan menjadi tujuan datangnya bangsa barat ke dunia timur termasuk Indonesia
A. 1 , 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4, dan 5

18.
Kebijakan / tindakan
No Daendels No Rafles
1 Mengadakan pengadilan sistem juri 1 Mengadakan pengadilan keliling
2 Bupati diangkat menjadi pegawai negeri 2 Mengangkat bupati sebagai raja feodal
3 Membagi Jawa menjadi 18 Kekeresidenan 3 Membagi Jawa menjadi 8 profektur
4 Menghapuskan pajak hasil bumi 4 Mengadakan pajak inatura
Dari data tersebut diatas dapat disimpulkan adanya persamaan tindakan kedua pejabat tersebut diatas yang ditunjukkan oleh …
A. 1 dan 1
B. 1 dan 2
C. 2 dan 2
D. 3 dan 3
E. 4 dan 4

19. Culturstelsel ( Tanam Paksa ) merupakan salah satu methode/cara Belanda untuk mengisi kas negara. Dengan Culturstelsel Belanda dapat mengeruk keuntungan berjuta gulden kekayaan rakyat Indonesia untuk membangun negeri Belanda. Belanda berkembang dengan pesat menjadi negara maju dan negara industri. Demikian akibat dari Culturstelsel bagi Belanda, Tetapi bagi rakyat Indonesia berakibat …
A. rakyat mulai menyadari tentang perlu adanya kerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan
B. penduduk Indonesia dipindahkan secara paksa untuk dipekerjakan di daerah perkebunan
C. lahirnya pergerakan nasional Indonesia yang dipelopori oleh kaum buruh di berbagai daerah
D. mulai dilarangnya aktifitas seluruh organisasi sosial politik diseluruh wilayah Hindia – Belanda
E. dibukanya wilayah Hindia-Belanda untuk penanaman modal asing dari berbagai negara.

20. Setelah berkuasa atas wilayah Indonesia, Jepang membangun berbagai fasilitas pendukung perang dengan menggunakan tenaga rakyat , termasuk sebagai pendukung perang yang mendapatkan pelatihan meliter yaitu …
A. Romusya
B. Heiho
C. PETA
D. Kompetai
E. Kaigun

21. Akibat negatif dari adanya mobilitas sosial dan ekonomi pada masa pendudukan Jepang di Indonesia berdampak …
A. Tanah pertanian menjadi semakin sempit
B. Para petani dapat mengolah lahan baru
C. Para petani mendapat pengalaman baru
D. Daerah pedesaan kekurangan tenaga kerja
E. Para pemuda banyak yang pergi ke kota

22. Faktor utama sebagai penyebab terjadinya Revolusi Perancis adalah …
A. Berkuasanya Napolion Bonaparte atas seluruh kekuasaan
B. Berkembangnya ajaran Humanis yang membangkitkan Eropa
C. Pelaksanaan sistem Monarchi Absolut masa raja Louis XIV
D. Dibuatnya Undang-undang oleh Dewan perwakilan kekaisaran
E. Dibekukannya posisi dewan bangsawan di parlemen

23. Revolusi Amerika yang dilakukan oleh para kolonis Inggris pada hakekatnya bertujuan untuk …
A. menyatukan seluruh kawasan Amerika menjadi bagian dari Inggris
B. menempatkan kebebasan sebagai doktrin dalam kehidupan masyarakat
C. membentuk negara baru yang bebas dari negara lain termasuk Inggris
D. menegakkan hak asasi manusia secara nasional dan internasional
E. menjadikan Amerika yang maju dalam berbagai bidang kehidupan.

24. Peristiwa yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan Eropa dan dunia adalah Revolusi Industri, yang pada hakekatnya merupakan
A. usaha memanfaatkan semua sumber daya alam untuk kehidupan
B. tehnik pembuatan barang dari industri rumah tangga ke sistem pabrik
C. temuan berbagai alat ( iptek ) yang mempercepat proses industrialisasi
D. sebuah strategi dalam pengembangan industri umum
E. perubahan sistem pemerintahan menuju ke sistem demokrasi

25. Sarekat Islam merupakan satu organisasi pedagang yang beragama Islam yang lahir pada masa Pergerakan Nasional Indonesia dengan tujuan utamanya adalah …
A. Pemurnian kembali agama Islam
B. Menyatukan pedagang pribumi dengan pedagang China
C. Mempersiapkan kehidupan rakyat untuk merdeka
D. Menumbuhkan jiwa dagang pada masyarakat
E. Menentang kehadiran pedagang asing

26. Sumpah Pemuda “ merupakan satu peristiwa yangat penting bagi bangsa Indonesia karena pada hakekatnya merupakan …
A. Bersatunya seluruh organisasi Pemuda untuk mencapai kemerdekaan
B. Kesepakatan bersama dari seluruh orgainsasi pergerakan melawan Belanda
C. tekad para pemuda untuk bersatu berjuang mencapai kemerdekaan
D. lahirnya organisasi baru dalam pergerakan nasional Indonesia
E. Sumpah sehidup-semati dalam mencapai cita-cita nasional

27. PUTERA adalah salah satu organisasi yang pernah dibentuk oleh Jepang yang kemudian dibubarkan karena …
A. Rakyat Indonesia tidak bersedia menjadi anggotanya
B. Membuat Jepang kalah dalam perang Pasifik
C. Telah memiliki organisasi yang baru
D. Lebih banyak menguntungkan bangsa Indonesia
E. Para pemimpinnya kurang cakap

28. Pemerintah Jepang pernah berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia kelak kemudian hari yang yang diucapkan oleh PM Koiso, dikenal dengan “ Janji Koiso “. Latar belakang janji tersebut adalah …
A. Hancurnya Hirosima dan Nagazaki karena di bom AS
B. Kalahnya Jerman dalam perang di Eropa
C. Besarnya dukungan rakyat Indonesia terhadap Jepang
D. Menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada Sekutu
E. Terdesaknya Jepang dalam perang Asia Timur raya

29. Menjelang proklamasi Indonesia, terjadi sebuah peristiwa penting yaitu Peristiwa Rengas Dengklok yang dilatarbelakangi oleh adanya …
A. perbedaan pendapat tentang pelaksanaan proklamasi
B. kalahnya Jepang dalam perang Pasifik
C. larangan untuk melaksanakan proklamasi
D. mencegah datangnya Sekutu di Indonesia
E. persamaan keinginan tentang pelaksanaan proklamasi

30. Pada sidangnya yang pertama tanggal 18 Agustus 1945, PPKI sebagai menetapkan presiden dan wakil presiden dengan cara …
A. aklamasi
B. voting tertutup
C. pemilu
D. formatur
E. penunjukkan

31. PKI tetap berusaha merebut pemerintahan dan mengembangkan faham Komunis di Indonesia diawali dengan pembrontakan di Madiun yang di pimpinan …
A. DN Aidit
B. Amir Syarifuddin
C. Tan Malaka
D. Musso
E. Kahar Muzakar

32. Di Jawabarat terjadi pembrontakan DI / TII pimpinan SM Kartosuwiryo dilatar belakangi oleh …
A. Keinginan Belanda menguasai Negara Pasundan
B. Kekosongan kekuasaan karena ditinggal oleh Belanda
C. Usaha Belanda untuk mengadu domba rakyat Indonesia
D. Adanya perjanjian Renville, yang dimanfaatkan oleh kelompok tertentu
E. Pembubaran Masyumi sebagai organisasi Islam oleh Jepang

33. Setelah terjadinya peristiwa G.30.S/PKI, Kostrad sebagai pasukan elit melakukan langkah koordinatif unt menciptakan keamaan yang saat itu dijabat oleh …
A. Brigjen Basuki Rachmat
B. Letjen AH. Nasution
C. Letkol Latief
D. Kol. Untung
E. Mayjen Suharto

34. Kebijakan ekonomi yang dijalankan oleh pemerintah dalam rangka memperkuat pengusaha pribumi dengan memadukan kemampuan pengusaha pribumi dengan pengusaha keturunan China dikenal dengan nama …
A. Gunting Syafrudin
B. Gerakan Ali – Baba
C. Kasimo Plan
D. Obligasi Nasional
E. Gerakan Benteng.

35. Bentuk penyimpangan politik luar negeri yang terjadi pada masa pelaksanaan sistem Demokrasi terpimpin adalah …
A. menerima bantuan bantuan dari AS
B. terbentuknya poros Jakarta – Peking
C. menjadi anggota tentara keamanan PBB
D. terjadinya usaha merebut Irian Barat
E. memasukan Timor-timur sebagai bagian dari RI

36.Terjadinya konfrontasi antara Malaysia dengan Indonesia dilatarbelakangi oleh ….
A. keluarnya Indonesia dari PBB
B. gagalnya Inggris menguasai Indonesia.
C. Indonesia gagal menyaingi Malaysia sebagai anggota DK PBB
D. Malaysia adalah bagian dari negara blok barat
E. dibentuknya negara federasi Malaysia sebagai neo kolonialis

37. Setelah penumpasan G.30S / PKI serta pembubaran PKI, maka terbentuklah pemerintahan baru yang dikenal dengan “ Orde Baru “ yang bertujuan …
A. Melaksanakan Trilogi Pembangunan
B. Menegakkan kembali politik luar negeri
C. Melaksanakan Pancasila dan UUD 45 secara murni
D. Melarang organisasi yang berazaskan Komunis
E. Menentang berbagai bentuk penyelewengan

38. Pemerintahan Orde Baru secara bertahap mampu memperbaiki dan meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakatnya melalui program-programnya yaitu …
A. Repelita
B. Panca Usaha Tani
C. Industrialisasi
D. Program KB
E. Dwi Darma Catur Karya

39. Kebijakan sosial pemerintahan Reformasi yang justru berdampak terganggunya ketertiban umum adalah …
A. Membiarkan para pedagang kakilima berjualan berbagai tempat
B. Kebebasan menyampaikan pendapat melalui demontrasi di jalan
C. Terbitnya berbagai jenis koran sebagai sumber informasi
D. Tidak tersaringnya informasi yang tersebar di dalam masyarakat
E. Kebebasan menentukan batas daerah dengan alasan otonomi daerah

40. Setelah Perang Dunia II, dunia masih mengalami berbagai masalah terutama tarik menarik dua blok negara yaitu blok barat dengan timur yang menimbulkan ketegangan antar negara. Hal tersebut disebabkan oleh …
A. tekanan-tekanan terhadap negara kecil
B. konflik kepentingan, supremasi dan ideologi
C. perbedaan ideologi antara blok barat dengan blok timur
D. saling menekan antara blok barat dengan blok timur
E. memperebutkan daerah perdagangan

41. Salah satu dampak positip dari terjadinya Perang Dingin adalah …
A. hubungan antar negara semakin dekat
B. terjadinya perdagangan secara internasional
C. mulai direncanakan revitalisasi PBB
D. dibentuknya tentara keamanan PBB
E. Ilmu Pengetahuan dan teknologi berkembang pesat

42. ASEAN merupakan salah satu organisasi regional yang menekankan pada kerjasama bidang seperti dibawah ini, kecuali …
A. meliter
B. sosial D. teknologi
C. budaya E. Ekonomi

43. Sebagai anggota ASEAN, Pemerintah RI ikut serta menciptakan perdamaian regional, salah satunya ikut membantu menyelesaikan konflik di Kamboja dalam program …
A. ASEAN Meeting of Campuchea
B. Indonesian – Champuchea Summit
C. Perjanjian Kamboja – Jakarta
D. International Conperenceon Kampuchea
E. Jakarta Informal Meeting ( JIM )

44. Perhatikan data-data berikut !
1. merajalelanya KKN dilingkungan birokrat
2. turunnya legalitas pemerintahan
3. saling curiga mencurigai antar negara bagian
4. dikeluarkannya Yugoslavia dari PBB
5.adanya keinginan untuk menguasai negara bagian lainnya

Data diatas adalah beberapa kondisi politik yang menyebabkan keruntuhan Yugoslavia setalah wafatnya Yosef Broz Tito
A. 1, 2 dan 3 D. 2, 3 dan 5
B. 1, 2 dan 4 E. 3, 4 dan 5
C. 2, 3 dan 4

45. Negarawan Afrika Selatan yang pada masa pemerintahannya menghapuskan undang-undang yang berbau rasial dan menghapuskan poliitik Apartheid adalah…
A. Nelson Mandela
B. FW. De Klerk
C. Goodwill Zwilitini
D. Desmont Tutu
E. Pieter Botha

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN SINGKAT DAN JELAS !

46. Seorang sejarawan didalam mengungkap suatu peristiwa sejarah menjadi pengetahuan sejarah yang benar dan ilmiah adalah melalui tahapan-tahapan penelitian sejarah. Jelaskan 4 ( empat ) tahapan penelitian sejarah yang dimaksud ?

47. Pergerakan Nasional merupakan usaha untuk mencapai kemerdekaan yang d idorong oleh berbagai faktor. Sebutkan faktor yang mendorong lahirnya Pergerakan Nasional Indonesia

48. Proklamasi kemerdekaan mempunyai arti yang sangat penting bagi
kehidupan sebuah negara, termasuk bangsa Indonesia.
Tuliskan kembali teks Proklamasi dengan benar dan sebutkan minimal 4 arti penting Proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia khususnya !

49. Jelaskan pengertian dari Reformasi yang terjadi di Indonesia, dan sebutkan agenda Reformasi Indonesia serta bagian mana saja yang telah selesai dilaksanakan !

50. Uni Sovyet pada masa kejayaannya mendapat julukan sebagai “Negara Adi Kuasa”, tetapi kemudian mengalami kehancuran akibat dari pembaharuan yang dicanangkan oleh pemimpinnya yaitu Mikhael Gorbachev.Sebutkan dan jelaskan bentuk pembaharuan yang dicanangkan oleh Mikhael Gorbachev tersebut !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s