Latihan materi kelas XI ( PAT )

Posted: May 7, 2017 in kumpulan soal

1. Sebagai pengaruh dari menangnya golongan Libral di Eropa, Belanda di Indonesia mulai menjalankan imprialisme modernya dengan cara …
A. memonopoli seluruh aktivitas perdagangan
B. membuka Indonesia untuk penanaman modal asing
C. mengembang sistem Culturstelsel
D. proses produksi mengarah ke sistem pertanian
E. membubarkan kongsi dagang VOC

2. Dalam pemerintahannya di Indonesia, Jepang membentuk berbagai organisasi sosial dan meliter. Salah satunya adalah Jawa Hokokai yang bertujuan untuk …
A. untuk menghimpun berbagai organisasi profesi yang berkembang di Jawa.
B. agar rakyat Jawa dapat merelakan harta bendanya untuk membantu Jepang.
C. untuk mendapatkan tenaga-tenaga trampil yang dibutuhkan dari rakyat Jawa
D. agar rakyat Jawa mempecayai niat baik Jepang sebagai saudara tua bangsa Asia.
E. agar rakyat Jawa mau mendarmabaktikan hidupnya untuk kemenangan Jepang.

3. Sistem sewa tanah yang diterapkan oleh pemerintahan Inggris di Indonesia saat dipimpin oleh Letnan Gubernur Jendral Stamford Raffles mengami kegagalan. Hal ini disebabkan oleh …
A. tanah pertanian dan perkebunan di Indonesia terlalu luas
B. mendapatkan tantangan dari para penguasa pribumi
C. rakyat Indonesia belum terbiasa dengan ekonomi uang
D. banyak pejabat pemerintah yang melakukan korupsi
E. tidak mendapatkan persetujuan oleh pemerintah Inggris

4. Latar belakang pemerintah kolonial Inggris melaksanakan sistem sewa tanah di Indonesia adalah …
A. adanya undang-undang agraria yang dijalankan di Indonesia
B. untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat pribumi Indonesia
C. untuk menekan gerakan-gerakan rakyat yang melawan Inggris
D. seluruh tanah jajahan dianggap milik pemerintah Inggris
E. melaksanakana politik simpati kepada rakyat Indonesia.
5. Sebagai pengaruh dari menangnya golongan Libral di Eropa, Belanda di Indonesia mulai menjalankan imprialisme modernya dengan cara …
A. memonopoli seluruh aktivitas perdagangan
B. membuka Indonesia untuk penanaman modal asing
C. mengembang sistem Culturstelsel
D. proses produksi mengarah ke sistem pertanian
E. membubarkan kongsi dagang VOC

6. Dalam pemerintahannya di Indonesia, Jepang membentuk berbagai organisasi sosial dan meliter. Salah satunya adalah Jawa Hokokai yang bertujuan untuk …
A. untuk menghimpun berbagai organisasi profesi yang berkembang di Jawa.
B. agar rakyat Jawa dapat merelakan harta bendanya untuk membantu Jepang.
C. untuk mendapatkan tenaga-tenaga trampil yang dibutuhkan dari rakyat Jawa
D. agar rakyat Jawa mempecayai niat baik Jepang sebagai saudara tua bangsa Asia.
E. agar rakyat Jawa mau mendarmabaktikan hidupnya untuk kemenangan Jepang.

7. Sistem sewa tanah yang diterapkan oleh pemerintahan Inggris di Indonesia saat dipimpin oleh Letnan Gubernur Jendral Stamford Raffles mengami kegagalan. Hal ini disebabkan oleh …
A. tanah pertanian dan perkebunan di Indonesia terlalu luas
B. mendapatkan tantangan dari para penguasa pribumi
C. rakyat Indonesia belum terbiasa dengan ekonomi uang
D. banyak pejabat pemerintah yang melakukan korupsi
E. tidak mendapatkan persetujuan oleh pemerintah Inggris

8. Latar belakang pemerintah kolonial Inggris melaksanakan sistem sewa tanah di Indonesia adalah …
A. adanya undang-undang agraria yang dijalankan di Indonesia
B. untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat pribumi Indonesia
C. untuk menekan gerakan-gerakan rakyat yang melawan Inggris
D. seluruh tanah jajahan dianggap milik pemerintah Inggris
E. melaksanakana politik simpati kepada rakyat Indonesia.

9. Sisa-sisa peninggalan Inggris dibawah Raflles di Indonesia masih dapat dijumpai sampai saat ini seperti …
A. bangunan istana merdeka dan Monas
B. Istana Bogor dan kebon raya Bogor
C. jalan sepanjang 1.000 km dari Anyer sampai ke Penarukan
D. Museum Nasional dan kota tua
E. bangunan pasar Tanah Abang dan Stasiun Senen

10. Sisa-sisa peninggalan Inggris dibawah Raflles di Indonesia masih dapat dijumpai sampai saat ini seperti …
A. bangunan istana merdeka dan Monas
B. Istana Bogor dan kebon raya Bogor
C. jalan sepanjang 1.000 km dari Anyer sampai ke Penarukan
D. Museum Nasional dan kota tua
E. bangunan pasar Tanah Abang dan Stasiun Senen

11. Dengan diberlakukannya politik Libral di Indonesia yang ditandai dengan dibuatnya Undang-undang Agaria dan Undang-undang Gula, menyebabkan pemilik modal asing Eropa dapat …
A. menyewa tanah rakyat untuk ditanami tebu selama batas waktu tertentu.
B. membeli tanah rakyat yang tidak difungsikan oleh pemerintah
C. membangun berbagai pendukung untuk kesejahtraan rakyat
D. memulai perbudakan dengan mengirim tenaga rakyat keluar negeri
E. membangun berbagai industri maju untuk kepentingan perdagangan

12. Kongres pemuda II menghasilkan Sumpah Pemuda/Ikrar Pemuda sebuah momentum dalam sejarah Indonesia. Latar belakang dari Sumpah pemuda tersebut adalah …
A. adanya ketakutan pemuda terhadap ancamam pembubaran terhadap seluruh organisasi pemuda.
B. bentuk toleransi dari pemerintah Belanda terhadap keberadaan organisasi pemuda Indonesia.
C. keberanian dari pemimpin-peminpin pastari politik untuk menentang secara langsung pemerintahan Belanda.
D. kegagalan untuk menyatukan seluruh organisasai pemuda untuk memperkuat perjuangan
E. datangnya beberapa tokoh pemuda dari negeri Belanda yang memberikan motivasi terhadap perjuangan pemuda Indonesia.

13. Tokoh pemuda yang mempunyai peranan penting dalam sejarah lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928 sebagai ketua pelaksana Kongres Pemuda II adalah …
A. Chairul Saleh
B. Soekarno
C. Sugondo Joyopuspito
D. Sukarni
E. M. Tabrani

14. Kebijakan pemerintah Jepang saat berkuasa di Indonesia berusaha menarik simpati rakyat agar percara sebagai saudara tua bangsa Asia dengan cara melakukan hal-hal sebagai berikut, kecuali…
A. mengijinkan pengibaran bendera merah putih
B. membentuk Gerakan 3 A
C. membentuk Romusha untuk membangun berbagai fasilitas
D. mengangkat pemimpin pribumi sebagai pemimpin organisasi.
E. membentuk lembaga BPUPKI dan PPKI
15. Dengan diberlakukannya politik Libral di Indonesia yang ditandai dengan dibuatnya Undang-undang Agaria dan Undang-undang Gula, menyebabkan pemilik modal asing Eropa dapat …
A. menyewa tanah rakyat untuk ditanami tebu selama batas waktu tertentu.
B. membeli tanah rakyat yang tidak difungsikan oleh pemerintah
C. membangun berbagai pendukung untuk kesejahtraan rakyat
D. memulai perbudakan dengan mengirim tenaga rakyat keluar negeri
E. membangun berbagai industri maju untuk kepentingan perdagangan

16. Kongres pemuda II menghasilkan Sumpah Pemuda/Ikrar Pemuda sebuah momentum dalam sejarah Indonesia. Latar belakang dari Sumpah pemuda tersebut adalah …
A. adanya ketakutan pemuda terhadap ancamam pembubaran terhadap seluruh organisasi pemuda.
B. bentuk toleransi dari pemerintah Belanda terhadap keberadaan organisasi pemuda Indonesia.
C. keberanian dari pemimpin-peminpin pastari politik untuk menentang secara langsung pemerintahan Belanda.
D. kegagalan untuk menyatukan seluruh organisasai pemuda untuk memperkuat perjuangan
E. datangnya beberapa tokoh pemuda dari negeri Belanda yang memberikan motivasi terhadap perjuangan pemuda Indonesia.

17. Nilai dan makna yang sangat penting dapat kita petik dari lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928 antara lain …
A. kesadaran kaum pemuda akan arti pentingnya persatuan dan kesatuan
B. lahirnya organisasi baru yang memberikan dukungan terhadap Sumpah Pemuda
C. Belanda mulai melemahkan tekanananya terhadap organisasi politik
D. lahirnya kesadaran pemuda untuk mulai bergabung dalam organisasi pergerakan
E. memli dibatasinya berbagai aktifitas politik oleh pemerintah Belanda.

18. Sebagai pelajar hendaknya mampu mewarisi dan mengembangkan nilai-nilai yang selaras dengan Sumpah Pemuda dengan cara seperti berikut, kecuali…
A. memberikan masukan dan sumbang saran dalam berbagai kegiatan di sekolah
B. ikut serta dalam berbagai kegiatan yang diprakarsai oleh OSIS
C. tunduk pada ketentuan-ketentan yang berlaku baik di sekolah maupun dalam masyarakat.
D. membentuk kelompok-kelompok (geng) untuk mengamankan diri bila terjadi tauran pelajar
E. menghindari terjadinya perseteruan antar teman baik di sekolah maupun lingkungan rumah

19. Volksraad merupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Belanda yang bertujuan untuk …
A. memberi kesempatan bagi para pimpinan pribumi untuk belajar politik.
B. meredam berbagai tuntutan rakyat karena Belanda konsentrasi pada Perang Dunia I
C. untuk mengakomodir berbagai masukan dari masyarakat kepada pemerintahBelanda
D. sebagai dewan rakyat yang memperjuang kepentingan rakyat pribumi
E. membantu pemerintah Belanda dalam melaksanakan programnya di masyarakat.

20. Gambar pahlawan berikut !

Pahlawan ini lahir di Kota gadang Sumatra barat 8 Oktober 19884 yang menguasai beberapa bahasa asing. Menolah beasiswa yang diberikan pemerintah untuk menggantikan RA Kartini ke Belanda. Bersifat religius dan banyak terlibat dalam kegiatan politik untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Menjadi menteri dan penasehat menteri luar negeri masa mempertahankan kemerdekaan. Wafat tahun 1954 dalam usia 70 tahun. Beliau adalah …
A. Ir. Muhamad Hatta
B. H. Agus Salim
C. Teuku Umar
D. Sam Ratulangi
E. Moh. Yamin

21. Tokoh pemuda yang mempunyai peranan penting dalam sejarah lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928 sebagai ketua pelaksana Kongres Pemuda II adalah …
A. Chairul Saleh
B. Soekarno
C. Sukarni
D. Sugondo Joyopuspito
E. M. Tabrani

22. Kebijakan pemerintah Jepang saat berkuasa di Indonesia berusaha menarik simpati rakyat agar percara sebagai saudara tua bangsa Asia dengan cara melakukan hal-hal sebagai berikut, kecuali…
A. mengijinkan pengibaran bendera merah putih
B. membentuk Gerakan 3 A
C. mengangkat pemimpin pribumi sebagai pemimpin organisasi
D. membentuk Romusha untuk membangun berbagai fasilitas.
E. membentuk lembaga BPUPKI dan PPKI

23. Nilai dan makna yang sangat penting dapat kita petik dari lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928 antara lain …
A. kesadaran kaum pemuda akan arti pentingnya persatuan dan kesatuan
B. lahirnya organisasi baru yang memberikan dukungan terhadap Sumpah Pemuda
C. Belanda mulai melemahkan tekanananya terhadap organisasi politik
D. lahirnya kesadaran pemuda untuk mulai bergabung dalam organisasi pergerakan
E. memli dibatasinya berbagai aktifitas politik oleh pemerintah Belanda.

24.Saya lahir di Jogjakarta 2 Mei 1889 dari keturunan ningrat keraton Jogjakarta
Ikut aktif dan mendirikan Indische Party. Kemudian saya lebih banyak mengabdikan diri dalam dunia pendidikan. Sampai saat ini hari kelahiran tetap diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai hari Pendidikan Nasional.

Saya adalah …..
A. KH Samanhudi
B. RM. Suwardi Suryaningrat
C. Dr. Soetomo
D. Jendral Sudirman
E. Abdul Muis

25. Perhatikan gambar dibawah ini !

Lahir di Agam Sumatra barat 14 September 1910, aktif dalam pergerakan nasional dan pernah ditahan oleh Belanda tahun 1932 karena protes atas ketidak adilan pemerintah Belanda. Pernah menjabat sebagai anggota DPR-RIS dan Dewan Pertimbangan Agung. Saat ini masyarakat mengenal sebagai nama jalan terkenal di Jakarta.
Beliau adalah …
A. Hj. Rangkayo Rasuna Said
B. Raden Dewi Sartika
C. Hj. Fatmawati Sukarno
D. Maria Wanda Maramis
E. Hj. Siti Walidah Ahmad Dahlan

26. Kehadiran pemuda secara spontan di lapangan Ikada pada tanggal 17 Agustus 1945 menunjukan sikap ….
A. keingintahuan untuk menyaksikan para pemimpin bangsa Indonesia
B. kesadaran untuk memberi dukungan terhadap proklamasi kemerdekaan
C. keberanian untuk melakukan perlawanan terhadap pasukan Jepang
D. keterpaksaan untuk mengikuti himbauan Barisan pelopor untuk mendengarkan proklamasi
E. sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara

27. Meskipun termasuk kalangan tua, Soekarno Hatta tetap menjadi andalan kalangan muda sebagai proklamator kemerdekaan. Alasan mereka adalah ….
A. kedua pemimpin itu berpihak pada sikap radikal kalangan pemuda
B. selalu menjadi menggalang perlawanan yang keras terhadap Jepang
C. Soekarno-Hatta adalah tokoh teras PPKI
D. mereka memiliki wibawa sebagai pemimpin bangsa Indonesia
E. tidak ada yang mampu menandingi kepiawaian mereka dalam berdiplomasi

28. Sebagai pelajar hendaknya mampu mewarisi dan mengembangkan nilai-nilai yang selaras dengan Sumpah Pemuda dengan cara seperti berikut, kecuali…
A. memberikan masukan dan sumbang saran dalam berbagai kegiatan di sekolah
B. ikut serta dalam berbagai kegiatan yang diprakarsai oleh OSIS
C. tunduk pada ketentuan-ketentan yang berlaku baik di sekolah maupun dalam masyarakat.
D. membentuk kelompok-kelompok (geng) untuk mengamankan diri bila terjadi tauran pelajar
E. menghindari terjadinya perseteruan antar teman baik di sekolah maupun lingkungan rumah

29. Volksraad merupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Belanda yang bertujuan untuk …
A. memberi kesempatan bagi para pimpinan pribumi untuk belajar politik.
B. meredam berbagai tuntutan rakyat karena Belanda konsentrasi pada Perang Dunia I
C. untuk mengakomodir berbagai masukan dari masyarakat kepada pemerintah Belanda
D. sebagai dewan rakyat yang memperjuang kepentingan rakyat pribumi
E. membantu pemerintah Belanda dalam melaksanakan programnya di masyarakat.

30.Sebagai warga negara yang baik, seorang siswa selalu diarahkan dan diajarkan menghargai nilai-nilai perjuangan para pahlawan kita dengan cara …
A. mengikuti semua kegiatan OSIS
B. selalu menjaga kebersihan lingkungan
C. bekerjasama dalam kelompok belajar di kelas
D. mengikuti upacara bendera dengan khidmat
E. selalu berdoa untuk para pahlawan bangsa.

31. Peran Ahmad Subarjo dalam proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah ….
A. mengibarkan Sang Saka Merah Putih
B. membawa Soekarno-Hatta ke rengasdengklok
C. mengetik naskah proklamsi kemerdekaan
D. berunding dengan Jepang tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia
E. merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia

32. Konsep teks proklamasi kemerdekaan terdiri dari dua kalimat. Kalimat pertama merupakan pernyataan tentang ….
A. pengalihan kekuasaan dari pihak Jepang ke Sekutu
B. kemauan bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri
C. pengalihan kekuasaan dari Jepang ke Indonesia
D. rasa syukur bangsa Indonesia kepada Tuhan atas kemerdekaan yang diraih
E. pengalihan kekuasaan dari Sekutu ke Indonesia

33. Sikap Indonesia untuk lebih mementingkan perdamaian dalam peristiwa pertempuran Surabaya tampak dari ….
A. ketidakgentaran para pejuang menghadapi gempuran pasukan Sekutu
B. penolakan rakyat Surabaya terhadap ultimatum pihak sekutu
C. kesediaan Indonesia untuk menghentikan tembak menembak
D. dapat dipertahankannya Surabaya selama tiga minggu
E. para pejuang Indonesia tidak melawan saat digempur oleh pasukan Sekutu

34. Kesadaran TRI untuk tidak mencampuri urusan politik dalam perisiwa Bandung Lautan Api, tampak dari tindakan ….
A. mengosongkan kota Bandung sesuai ultimatum Sekutu
B. menaati instruksi pemerintah pusat untuk meninggalkan Bandung
C. melakukan bumi hangus sebelum mengosongkan Kota Bandung
D. mendesak pemerintah Indonesia untuk tidak menyerah kepada Belanda
E. tidak menaati perintah pusat untuk meninggalkan Kota Bandung

35. Tujuan kebijakan kalangan tua menyesuaikan diri dengan kebijakan Jepang mengenai proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….
A. menjalin hubungan baik dengan Jepang
B. melepaskan diri dari pengaruh Jepang secara bertahap
C. menyiapkan kemerdekaan Indonesia secara matang
D. meredam sikap radikal dari kalangan muda
E. meredam sikap radikal tentara Jepang di Indonesia

36. Tujuan Jenderal Kuniaki Koiso memberikan janji kemerdekaan kelak di kemudian hari kepada rakyat Indonesia adalah ….
A. Indonesia mengadakan perlawanan terhadap Jepang
B. Indonesia membantu Jepang melawan pihak sekutu
C. Indonesia tidak mengadakan perlawanan terhadap Jepang
D. Jepang bersimpati kepada rakyat Indonesia
E. Indonesia bersimpati kepada pemerintah Jepang

37. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta diculik oleh kalangan muda untuk segera memutuskan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peristiwa penculikan ini dikenal dengan sebutan peristiwa
A. proklamasi
B. proklamasi Jakarta
C. rengasdengklok
D. perumusan Proklamasi
E. penculikan Soearno- Hatta

38. Kehadiran pemuda secara spontan di lapangan Ikada pada tanggal 17 Agustus 1945 menunjukan sikap ….
F. keingintahuan untuk menyaksikan para pemimpin bangsa Indonesia
G. kesadaran melakukan untuk melibatkan diri dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan
H. keberanian untuk melakukan perlawanan terhadap pasukan Jepang
I. keterpaksaan untuk mengikuti himbauan Barisan pelopor untuk mendengarkan proklamasi
J. sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara

39. Meskipun termasuk kalangan tua, Soekarno Hatta tetap menjadi andalan kalangan muda sebagai proklamator kemerdekaan. Alasan mereka adalah ….
F. kedua pemimpin itu berpihak pada sikap radikal kalangan pemuda
G. mereka telah menggalang perlawanan yang keras terhadap Jepang
H. Soekarno-Hatta adalah tokoh teras PPKI
I. mereka memiliki wibawa sebagai pemimpin bangsa Indonesia
J. tidak ada yang mampu menandingi kepiawaian mereka dalam berdiplomasi

40. Alasan kalangan pemuda menuntut kemerdekaan Indonesia lepas dari pengaruh Jepang adalah ….
A. kemerdekaan Indonesia harus lahir dari sikap radikal
B. PPKI harus diikutsertakan dalam pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
C. rakyat Indonesia sudah begitu lama merindukan kemerdekaan
D. kemerdekaan Indonesia merupakan hak bangsa Indonesia sendiri
E. kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia

41. Tujuan Kedatangan NICA ke Indonesia dengan membonceng pasukan Sekutu adalah ….
A. ingin menguasai Indonesia kembali
B. membantu tugas pasukan sekutu
C. mengurus tawanan perang dari Jepang
D. menjadi anggota pasukan perdamaian International
E. menjadi bagian dari pasukan Sekutu

42. Perjanjian Renville sebagai lanjutan dari diplomasi Indonesia-Belanda tetap merugikan Indonesia, dengan salah satu isinya adalah ….
A. Indonesia akan dimasukan menjadi anggota PBB
B. tentara Belanda ditarik mundur dari Indonesia
C. Belanda mengakui kedaulatan Indonesia secara de facto
D. pemulihan pemerintahan Indonesia di Yogyakarta
E. ditariknya pasukan RI dari wilayah pendudukan Belanda

43. Alasan terjadinya pertempuran antara rakyat Surabaya dengan tentara Sekutu pada tanggal 27 Oktober, karena Sekutu ….
A. melakukan tindakan provokasi
B. membawa pasukan Belanda
C. ingin mengambil alih kekuasaan dari tangan Jepang
D. melanggar perjanjian dengan rakyat Surabaya
E. perintah langsung dari para pemimpin di Jakarta

44. Belanda berusaha untuk kembali menguasai Indonesia dengan berbagai cara. Salah satu yang dilakukan adalah mengadakan Konferensi Malino yang bertujuan untuk …
A. membagi wilayah Indonesia dan Belanda
B. Belanda ingin menambah luas wilayahnya di Indonesia
C. pengakuan kedaulatan Indonesia
D. membentuk negara federal yaitu Negara Indonesia timur
E. Belanda harus meninggalkan Indonesia

45. Walaupun sangat merugikan pemerintah Indonesia, hasil perundingan Linggarjati tetap diterima, karena …
A. wilayah RI menjadi semakin sempit, hanya Jawa, Madura dan Sumatra
B. diakuinya Indonesia sebagai negara merdeka oleh Belanda
C. Indonesia berdiri sebagai negara merdeka dan berdaulat penuh
D. berakhirnya sengketa Indonesia – Belanda secara permanen
E. Belanda mengakui kedaulatan Indonesia walaupun secara de fakto.

46. Pertimbangan kalangan muda mendesak Soekano- Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia adalah karena Soekano- Hatta ….
A. berwibawa di mata rakyat Indonesia
B. berwibawa dimata kalangan muda
C. berwibawadi mata kalangan tua
D. berwibawa di mata Jepang
E. diakui oleh pihak luar

47. Salah satu hasil sidang Panitia Perancang UUD pimpinan Ir. Soekarno adalah ….
A. Pernyataan Indonesia merdeka
B. Pernyataan pembubaran BPUPKI
C. Pernyataan pembebtukan PPKI
D. Pernyataan Indonesia menajdi bagian dari Jepang
E. Pembentukan Panitia Sembilan

48. Peran penting pengibaran bendera Merah-Putih dalam upacara proklamasi kemerdekaan adalah ….
A. melambangkan kejayaan bangsa Indonesia
B. menegaskan kemerdekaan Indonesia
C. menjadi saksi kemerdekaan Indonesia
D. menggugah keberanian mempertahankan kemerdekaan
E. menunjukan keberanian bangsa Indonesia tidak dijajah lagi

49. Tujuan sidang pertama BPUPKI adalah ….
A. memilih presiden dan wakil presiden
B. menentukan tanggal kemerdekaan
C. merumuskan undang-undang
D. membentuk kelengkapan Negara
E. memilih menteri-menteri

50. Disetujuinya penghilangan kalimat “dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya” menunjukan sikap ….
A. kurang dihayatinya syariat Islam oleh para anggota PPKI
B. mementingkan kepentingan bangsa dan Negara dati tokoh umat Islam yang ada di PPKI
C. kegagalan tokoh muslim di PPKI
D. belum dikenalnya maksa syariat Islam oleh para anggota PPKI
E. syariat Islam menjadi penghalang persatuan bangsa Indonesia

51. Penyebab terjadinya inflasi pada awal kemerdekaan adalah ….
A. tindakan blockade ekonomi yang dilakukan Belanda
B. Indonesia tidak melakukan perdagangan dengan luar negeri
C. banyaknya mata uang Jepang yang beredar
D. kas Negara yang kosong
E. Indonesia mengirim bantuan beras ke India

52. Walaupun sangat merugikan bangsa Indonesia baik secara politik maupun secara meliter, tetapi pemerintah RI tetap menerima perjanjian Linggarjati dengan pertimbangan …
A. Pemerintah Belanda mendapatkan dukungan meliter dari Inggris
B. adanya tekanan dan gangguan meliter dari kaum sparatis dalam negeri
C. pemerintah tidak memiliki kemampuan meliter untuk mempertahankan diri
D. pemimpin bangsa Indonesia dipaksa untuk menandatangani isi perjanjian.
E. sebagai satu-satunya cara untuk tetap mempertahankan diri dari penguasaan Belanda

53. Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi masalah moneter adalah ….
A. memberikan pinjaman kepada negara lain
B. menembus blockade ekonomi Belanda
C. menyelesaikan masalah inflasi
D. membentuk planning board
E. mengatur peredaran uang di masyarakat

54. Naskah proklamasi ditandatangani oleh Soekarno- Hatta karena ….
A. Tidak ada yang mau menandatangani
B. Permintaan kalangan tua
C. Permintaan kalangan pemuda
D. Keinginan pribadi kedua tokoh tersebut
E. Kedua tokoh tersebut telah diakui sebagai pemimpin utama rakyat Indonesia

55. Alas an pembacaan teks proklamasi dipindahkan dari lapangan Ikada ke rumah Bung Karno adalah ….
A. Suasana di lapngan Ikada tiak kondusif
B. Menghindari bentrokan dengan tentara jepang
C. Terlalu banyak tentara Jepang di lapangan Ikada
D. Pihak Jepang tidak setuju dilapangan Ikada
E. Kalangan pemuda yang mendesak Bung Karno memindahkan lokasi pembacaan proklamasi kemerdekaan

56. Perwira militer Jepang yang menyediakan tempat tinggalnya dan digunakan untuk merumuskan naskah proklamasi bernama ….
A. Letnan Jenderal Kumikihi Harada
B. Letnan Jenderal Nagado
C. Letnan Jenderal Hitoshi Imamura
D. Laksamana Tadashi Maeda
E. Laksamana Yamamoto

57. Perundingan Linggarjati menunjukan keunggulan perjuangan diplomasi Indonesia. Alasanya adalah ….
A. Perundingan Linggarjati menarik simpati dunia Internasional terhadap Indonesia
B. semangat juang TNI semakin meningkat akibat perundingan
C. pihak Belanda cendeung memenangkan kepeningan sendiri
D. Indonesia mampu menajukan tuntuan terhadap Belanda
E. TNI dapat mengusir Belanda dari Bumi Indonesia

58. Meskipun tidak sesuai dengan cita-cita proklamasi kemederkaan, terbentuknya RIS tetap merupakan keberhasilan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Alasannya ….
A. TNI menjadi inti dari APRIS
B. RIS terbentuk berkat keberhasilan perjuangan bersenjata
C. RIS terdiri atas Republik Indonesia dan negara-negara federal
D. RIS merupakan cikal bakal Negara Kesatuan Republik Indonesia
E. Indonesia diakui sebagai negara yang berdaulat

59. Pertimbangan presiden Soekarno dan Hatta yang membiarkan dirinya ditawan oleh Belanda pada saat terjadinya agresi Belanda yang kedua dan menguasai ibu kota Jogjakarta adalah …
A. ingin menyerah kepada Belanda
B. Indonesia sudah hancur
C. mengundang simpati dunia Internasional terhadap Indonesia
D. pasukan TNI sudah menyerah kepada Belanda
E. Indonesia tidak ingin berperang melawan Belanda

60. Serangan umum 1 Maret 1949 memberikan dampak positif bagi perjuangan diplomasi Indonesia karena ….
A. menunjukan bahwa pasukan TNI masih ada dan terorganisasi
B. Indonesia mendapat pengakuan penuh di dunia internasional
C. pasukan TNI semakin bersemangat untuk melawan pasikan Belanda
D. permasalahan Indonesia dibahas dalam sidang PBB
E. pasukan TNI berhasil menguasai Yogyakarta selama enam jam

61. Para pemimpin dan rakyat Indonesia menyambut Sekutu yang diwakili oleh Inggris di Indonesia September 1945, karena melaksanakan tugas internasional yaitu …
A. mengambil alih kekuasaan Belanda atas Indonesia
B. menempatkan tentara Sekutu di bekas kekuasaan Belanda
C. mengembalikan kekuasaan Belanda di Indonesia
D. melucuti senjata tentara Jepang yang sudah menyerah
E. membantu Indonesia untuk melaksanakan kemerdekaannya.

62. Naskah proklamasi kemerekaan Indonesia dirumuskan di ….
A. Rengasdengklok
B. Jakarta
C. Yogyakarta
D. Solo
E. Bandung

63. Peran Ahmad Subarjo dalam proklamsi Kemerdekaan Indonesia adalah ….
F. Mengibarkan Sang Saka Merah Putih
G. Membawa Soekarno-Hatta ke rengasdengklok
H. Mengetik naskah proklamsi kemerdekaan
I. Berunding dengan pihak Jepang tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia
J. Merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia

64. Konsep teks proklamasi kemerdekaan terdiri dari dua kalimat. Kalimat pertama merupakan pernyataan tentang ….
F. Pengalihan kekuasaan dari pihak Jepang ke Sekutu
G. Kemauan bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri
H. Pengalihan kekuasaan dari Jepang ke Indonesia
I. Rasa syukur bangsa Indonesia kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemerdekaan yang diraih
J. Pengalihan kekuasaan dari Sekutu ke Indonesia

65. Tugas Panitia Sembilan adalah ….
A. Mengolah usul dan konsep para anggota tentang dasar Negara Indonesia
B. Merumuskan naskah prklamasi
C. Menetapkan presiden dan wakil presiden Indonesia
D. Menetapkan dasar Negara
E. Membentuk kelengkapan Negara

66. Kalangan yang berperan menyebarluarkan proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….
A. Anggota BPUPKI
B. Para pemimpin Indonesia
C. Anggota PPKI
D. Pemuda dan Kantor Berita Domei
E. Tentara Jepang

67. Dampak Serangan Umum 1 Maret 1949 yang menunjang perjuangan diplomasi adalah ….
A. meningkatkan semangat juang TNI di medan pertempuran
B. menunjukan bahwa TNI masih ada dan terorganisasi
C. dibawanya masalah Indonesia ke forum PBB
D. dapat dikuasainya Yogyakarta selama enam jam
E. indonesia diakui dunia international sebagai Negara yang berdaulat penuh

68. Sikap Indonesia untuk lebih mementikan perdamaian dalam peristiwa pertempuran Surabaya tampak dari ….
F. Ketidakgentaran para pejuang menghadapi gempuran pasukan sekutu
G. Penolakan rakyat Surabaya terhadap ultimatum pihak sekutu
H. Kesediaan Indonesia untuk menghentikan tembak menembak
I. Dapat dipertahankannya Surabaya selama tiga minggu
J. Para pejuang Indonesia tidak melawan ketiga digempur dari darat, lauy dan udara oleh pasukan Sekutu

69. KesadaranTRI untuk tidak mencampuri urusan politik dalam perisiwa Bandung Lautan Api, tampak dari tindakan ….
F. Mengosongkan kota Bandung sesuai ultimatum Sekutu
G. Menaati instruksi pemerintah pusat untuk meninggalkan Bandung
H. Melakukan bumu Hangus sebelum mengosongkan Kota Bandung
I. Mendesak pemerintah Indonesia untuk tidak menyerah kepada Belanda
J. Tidak menaati perintah pusat untuk meninggalkan Kota Bandung

70. Tujuan Kedatangan NICA ke Indonesia dengan membonceng pasukan Sekutu adalah ….
F. Ingin menguasai Indonesia kembali
G. Membantu tugas pasukan sekutu
H. Mengurus tawanan perang dari Jepang
I. Menjadi anggota pasukan perdamaian International
J. Menjadi bagian dari pasukan Sekutu

71. Salah satu hasil dari perundingan Renville adalah ….
F. Indonesia akan dimasukan menjadi anggota PBB
G. Tentara Belanda ditarik mundur dari Indonesia
H. Belanda mengakui kedaulatan Indonesia secara de facto
I. Pemulihan pemerintahan Indonesia di Yogyakarta

72. Alasan terjadinya pertempuran antara rakyat Surabaya dan tentara Sekutu pada tanggal 27 Oktober adalah ….
F. Sekutu melakukan tindakan provokasi
G. Sekutu membawa pasukan Belanda
H. Sekutu ingin mengambil alih kekuasaan dari tangan Jepang
I. Sekutu melanggar perjanjian dengan rakyat Surabaya
J. Perintah langsung dari para pemimpin di Jakarta

73. Penyerahan kedaulatan dari Belanda kepada Indonesia dilakukan saat ….
A. Perjanjian Linggarjati
B. Konferensi Meja Bundar
C. Perjanjian Renville
D. Perjanjian Roem-Royen
E. Konfrensi inter-Indonesia

74. Tujuan diadakannya Konferensi Malino adalah ….
F. Membagi wilayah Indonesia dan Belanda
G. Belanda ingin menambah luas wilayahnya di Indonesia
H. Pengakuan kedaulatan Indonesia
I. Membangun susunan politik di daerah sebagai Negara federal dalam kekuasaan Belanda
J. Belanda harus meningalkan Indonesia

75. Perundingan Linggarjati dilakukan pada tanggal ….
F. 9 November 1946
G. 10 November 1946
H. 11 November 1946
I. 12 November 1946
J. 13 November 1946

76. Agresi Militer Belanda I terjadi karena perbedaan pendapat mengenai isi dari ….
A. Perjanjian Renville
B. Perjanjian Linggarjati
C. Perjanjian Roem-Royen
D. Perjanjian Malino
E. Perjanjian Meja Bundar

77. Delegasi Indonesia dalam perundingan Linggarjati dipimpin oleh ….
A. Sutan Syahrir
B. A.K Gani
C. Amir Syarifuddin
D. Abdulkadir YWijoyoatmojo
E. Moh Roem

78. Guna menjamin terlaksananya penghentia Agresi Militer Belanda, PBB membentuk ….
A. BFO
B. AFNEI
C. UNHCR
D. UNTEA
E. UNCI

79. Perundingan Linggarjati menunjukan keunggulan perjuangan diplomsi Indonesia. Alasanya adalah ….
F. Perundingan Linggarjati menarik simpati dunia Internasional terhadap Indonesia
G. Semangat juang TNI semakin meningkat akibat perundingan
H. Indonesia mampu menajukan tuntuan terhadap Belanda
I. Pihak Belanda cendeung memenangkan kepeningan sendiri
J. TNI dapat mengusir Belanda dari Bumi Indonesia

80. Perundingan Renville dilakukan di atas kapal USS Renville milik Negara ….
A. Australia
B. Amerika Serikat
C. Inggris
D. Belanda
E. Belgia

81. Meskipun tidak sesuai dengan cita-cita proklamasi kemederkaan, terbentuknya RIS tetap merupakan keberhasilan Indonesia kemerdekaan. Alasanya ….
F. TNI menjadi inti dari APRIS
G. RIS terbentuk berkat keberhasilan perjuangan bersenjata
H. RIS terdiri atas Republik Indonesia Negara-negara federal
I. RIS merupakan cikal bakal Negara Kesatuan Republik Indonesia
J. Indonesia diakui sebagai Negara yang berdaulat

82. Hasil perundingan Renville menyebabkan Kaninet Amir Syarifuddin jatuh. Hal tersebut karena ….
A. Wilayah Republik Indonesia semakin sempit
B. TNI harus bertahan di wilayah Republik Indonesia
C. Belanda bebas menguasai Indonesia kembali
D. TNI harus meninggalkan wilayah yang diakasi Belanda
E. Belanda mendirikan Negara boneka Indonesia

83. Tujuan Agresi Militer Belanda I mengalami kegagalan karena ….
A. Kota-kota penting di wilayah Republik Indonesia tidak dapat dikuasai Belanda
B. Pusat-pusat penghasil makanan dan bahan ekspor tetap dikuasai Indonesia
C. TNI mampu mengadakan konsilidasi dan membangun system pertahanan baru
D. Pasukan TNI mampu mendesak kedudukan Belanda di kota-kota
E. Mendapatkan kecaman dunia international

84. Alasan pemerintah Indonesia tidak meninggalkan Yogyaarta saat Agresi Militer Belanda II adalah ….
F. Ingin menyerah kepada Belanda
G. Indonesia sudah hancur
H. Mengundang simpati dunia Internasional terhadap Indonesia
I. Pasukan TNI sudah menyerah kepada Belanda
J. Indonesia tidak ingin berperang melawan Belanda

85. Serangan umum 1 Maret 1949 memberikan dampak positif bagi perjuangan diplomasi Indonesia karena ….
F. Menunjukan bahwa pasukan TNI masih ada dan terorganisasi
G. Indonesia mendapa pengakuan penuh di dunia internasional
H. Pasukan TNI semakin bersemangat untuk melawan pasikan Belanda]
I. Permasalahan Indonesia dibahas dalam siding PBB
J. Pasukan TNI berhasil menguasai Yogyakarta selama enam jam

86. Arti penting dari adanya perubahan bentuk negara dari Republik Indonesia Serikat kembali ke bentuk Negara Kesatuan RI adalah …
A. agar jauh dari keinginan Belanda
B. sesuai dengan aspirasi rakyat
C. kurang konsistennya pemerintahan saat itu
D. memenuhi tuntutan internasional
E. kondisi politik yang tidak stabil

87. Salah satu keuntungan dari perjanjian Linggarjati bagi Indonesia adalah …
A. para pemimpin Indonesia duduk sejajar dengan pemimpin Belanda
B. bentuk negara sesuai dengan cita-cita proklamasi
C. wilayah Indonesia menjadi semakin luas
D. berakhirnya sengketa antara Indonesia dengan Belanda
E. adanya pengakuan kedaulatan atas wilayah Indonesia oleh Belanda

88. Kesimpulan yang dapat kita lihat dengan munculnya Abdul Kadir Wijoyo Atmojo yang mewakili Belanda dalam perjanjian Renville adalah, Belanda
A. bekerjasama dengan baik
B. menyelesaikan sengkata dengan kekeluargaan
C. tidak memiliki delegasi yang handal
D. menarik simpati Negara asing yang ada di Indonesia
E. melaksanakan politik adu domba

89. Terbentuknya kembali Negara Kesatuan RI ( NKRI ) 17 Agustus 1950 dalam hubungan dengan kewilayahan, berarti …
A. berlakunya kembali sistem kabinet ministriil dengan Demokrasi Parkementer
B. gagalnya politik devide et impera yang dijalankan Belanda
C. kembalinya seluruh pejuang kemerdekaan kepangkuan RI
D. kembali pada bentuk negara yang sesuai dengan cita-cita proklamasi
E. kembali diberlakukannya UUD 45 secara murni dan konsekwen

90. Meskipun dapat kritikan dari PDRI dan TNI, hasil perundingan Roem-Royen tetap berperan penting karena …
A. membuka jalan bagi pengakuan kedaulatan Indonesia
B. TNI diperkenankan kembali ke Jogjakarta
C. PDRI tetap menjadi bagian penting pemerintah RI
D. menjadi perintis dilaksakannya Konfrensi inter Indonesia
E. TNI semakin terdesak dalam setiap front pertempuran.

91. Perhatikan data berikut !
1. sebagai bentuk politik adu domba Belanda
2. tidak mendapatkan dukungan yang penuh dari rakyat
3. kondisi masyarakat yang sangat labil
4. tidak sesuai dengan cita-cita proklamasi
5. terjadinya berbagai bentuk pertentangan dalam negeri
Dari pernyataan tersebut diatas, menurut anda yang manakah sebagai penyebab RIS tidak dapat bertahan lama ditunjukkan oleh …
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 4 dan 5

92. Menurut anda sikap yang sangat perlu dikembangkan dalam usaha menegakkan kedaulatan Negara adalah …
A. sukarela
B. iklas
C. rela berkorban
D. gotong royong
E. teng

93. Rombongan ekspedisi penjelajahan samudera bangsa Belanda yang mendarat pertama kali di Banten pada tahun 1596 dipimpin oleh … .
A. Ferdinand de Magelhaens
B. Juan Sebastian del Cano
C. Alfonso de Albuquerque
D. Cornelis de Houtman
E. Bartholomeus Diaz

94. Konflik Spanyol dan Portugis di Maluku diselesaikan melalui … .
A. Traktat Sumatera
B. Kapitulasi Tuntang
C. Perjanjian Saragosa
D. Perjanjian Tordesillas
E. Convention of London

95. Perhatikan data-data berikut ini!
1. Organisasi pergerakan
2. Diplomasi
3. Memperkuat persenjataan
4. Menggalang persatuan dan kesatuan
5. Perang terbuka tidak terbatas
Strategi perlawanan yang menentukan keberhasilan perjuangan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Eropa setelah memasuki abad ke-20, meliputi … .
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 3, 4, dan 5

96. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Dipelopori kaum cerdik pandai
(2) Berjuang dengan organisasi yang teratur
(3) Lingkup perjuangan tidak lagi kedaerahan
(4) Mengandalkan kekuatan fisik
(5) Kepemimpinan dipegang tokoh kharismatis
Ciri Pergerakan Nasional Indonesia ditunjukkan oleh nomor … .
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (5)
C. (2), (3) dan (4)
D. (2), (4) dan (5)
E. (3), (4) dan (5)

97. Sebelum menjadi Indonesia, digunakanlah istilah Indische Vereeniging. Munculnya istilah “Indonesia” memiliki arti penting dalam perjuangan bangsa Indonesia, Karena … .
A. dapat mempersatuan seluruh bangsa dari berbagai daerah
B. dapat menjaga identitas dari bangsa-bangsa yang ada di Indonesia
C. memberikan inspirasi kepada kaum pergerakan Indonesia di negeri Belanda
D. memberikan semangat perjuangan bangsa Indonesia menentang penjajah Belanda
E. meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan

98. Pada tanggal 16 Agustus 1945, golongan muda mengamankan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Latar belakang terjadinya peristiwa tersebut adalah … .
A. adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dengan tua mengenai waktu proklamasi Indonesia
B. tidak sependapat antara golongan tua danmuda mengenai tempat dilaksanakan proklamasi Indonesia
C. adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dengan golongan tua mengenai siapa yang akan membacakan teks proklamasi
D. adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dengan golongan tua mengenai konsep teks proklamasi
E. ketidaksepakatan antargolongan tua dan muda tentang bagaimana mekanisme pelaksanaan kemerdekaan Indonesia

99. Makna Proklamasi dalam bidang ekonomi bagi bangsa Indonesia adalah … .
A. beralihnya tata hukum kolonial ke tata hukum Indonesia.
B. budaya Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.
C. berubahnya sistem pemerintahan kolonial menjadi pemerintahan RI
D. berdaulatnya rakyat Indonesia untuk mengelola sendiri Sumber kekayaan alamnya.
E. dihapusnya diskriminasi ras pribumi yang selama masa kolonial menjadi kelas bawah

100. Tokoh-tokoh yang berperan dalam perumusan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di rumah Laksamana Maeda, yaitu … .
A. Wikana, Darwis, dan Burhanudin Muhamad Diah
B. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Soebardjo
C. Ahmad Soebardjo, Singgih, dan Sayuti Malik
D. Supomo, Moh. Yamin, dan Mr. A.A.Maramis
E. Mr.Amir Syarifuddin, R.M.Sartono, dan R.Otto Iskandardinata

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s